Lebih baik mendengar dengan dua telinga

Pendengaran binaural memberdayakan Anda untuk menikmati suara kehidupan

Ketika Anda mengalami gangguan pendengaran pada kedua telinga, Anda mengalami gangguan pendengaran binaural. Dengan gangguan pendengaran tipe ini, Anda direkomendasikan untuk menggunakan dua alat bantu dengar.

Tetapi ada berapa pengguna perdana alat bantu dengar berpikir untuk memulai hanya dengan satu alat bantu dengar di telinga tingkat gangguannya lebih tinggi. Tetapi banyak riset menyatakan menggunakan dua alat bantu dengar akan memberikan kita pengalaman pendengaran yang seimbang dan lebih berwarna.

Binuaral Hearing @ SOUNDLIFE

7 Keuntungan Mendengar dengan Dua Telinga

Izinkan kami berbagi 7 alasan mengapa menggunakan dua alat bantu dengar lebih baik daripada satu:

  • Keamanan dan Kesadaran Yang Lebih Baik
    Dengan pendengaran binaural, Anda akan mendeteksi sumber suara dengan lebih baik. Hal ini bukan hanya berguna untuk memperhatikan lalu lintas ketika menyebrangi jalan, tetapi juga dalam acara-acara sosial di mana Anda perlu mengetahui posisi lawan bicara Anda.
  • Kualitas Suara dan Rasa Keseimbangan yang Lebih Baik
    Ketika Anda mendengarkan sistem stereo, Anda menggunakan dua speaker untuk mendapatkan kualitas suara paling mulus, tajam dan alami. Dengan menggunakan dua alat bantu dengar, Anda meningkatkan jangkauan pendengaran Anda dari 180 derajat hanya dengan satu alat, menjadi 360 derajat. Jangkauan yang lebih luas ini memberikan rasa keseimbangan dan kualitas suara yang lebih baik.
  • Kedua Telinga Tetap Aktif
    Jika tidak digunakan, Anda akan kehilangannya. Jika Anda hanya menggunakan satu telinga dan yang lainnya tidak mendengar suara untuk jangka waktu yang cukup lama, telinga yang tidak digunakan akan sulit mengenali suara seperti dahulu. Seiring berjalannya waktu, pendengaran dengan hanya satu telinga juga dapat mengubah cara otak Anda memproses suara.
  • Memiliki Pengalaman Pendengaran yang Lebih Alami
    Otak Anda secara alami terhubung untuk menerima suara dari kedua telinga. Ketika dibantu dengan merata, telinga Anda dapat mengurangi suara yang tidak diinginkan dengan lebih baik. Ditambah lagi, dua alat bantu dengar membantu otak Anda untuk memproses bahasa dengan lebih efektif. Mendengar dengan dua telinga juga biasanya membutuhkan tingkat kenyaringan suara lebih rendah, yang mana menghasilkan pengurangan distorsi dan memberikan kekuatan suara yang lebih baik.
  • Pendengaran Meningkat, Terutama di Tempat-tempat Bising
    Jika Anda menggunakan dua alat bantu dengar, empat mikrofon dari kedua alat bantu dengar memiliki kemampuan kerja ganda untuk menyaring suara lingkungan yang bising. Jika Anda hanya menggunakan satu alat bantu dengar dan berada di tempat-tempat bising seperti restoran atau mall, telinga Anda yang tidak menggunakan alat bantu dengar akan sulit untuk menghiraukan suara lingkungan yang bising—hal ini merupakan masalah umum bagi mereka dengan gangguan pendengaran. Itulah sebabnya mendengar dengan kedua telinga membantu Anda memahami suara percakapan  dengan lebih jernih.
  • Kepuasan yang Meningkat
    Dengan hanya satu alat bantu dengar, Anda mungkin akan sering berkonsentrasi untuk mendengarkan beragam suara dan menjadi cepat lelah. Dengan dua alat bantu dengar, Anda akan mendengar dengan lebih  nyaman.
  • Jangkauan Pendengaran yang Lebih Luas
    Suara yang tidak terdengar dalam jarak tiga meter oleh satu telinga dapat didengar dalam jarak sampai dengan sepuluh meter denga dua telinga.

Dua telinga tentunya lebih baik daripada hanya satu telinga. Seperti mata kita, otak kita terhubung untuk menerima suara dari kedua telinga. Inilah sebabnya sangatlah penting bahwa Anda diberikan kesempatan untuk merasakan pengalaman menggunakan alat bantu dengar binaural sebelum memutuskan untuk menggunakan satu atau dua alat bantu dengar.

Sebagai panduan umum, jika anggaran Anda memungkinkan Anda untuk membeli satu alat bantu dengar premium atau dua alat bantu dengar standar, akan lebih baik jika Anda membeli dua alat bantu standar. Walaupun Anda mungkin tidak dapat merasakan pengalaman pendengaran yang lebih nyaman, namun Anda akan mendapatkan pengalaman pendengaran yang lebih baik. Anda memiliki dua telinga, lebih baik gunakan keduanya untuk mendengar dunia sekeliling Anda.