Memberdayakan Anda untuk menikmati kehidupan yang memuaskan dengan pemandangan dan suara penuh

Manfaat bagi Lansia Yang Menjalani Pemeriksaan Pendengaran Rutin

Dengan populasi yang menua, lansia dengan gangguan pendengaran mulai cukup umum. Sayangnya, masih banyak orang dewasa belom menyadari pentingnya melakukan tes pendengaran rutin sebelum terlambat.

Sekitar 25% untuk orang yang berusia 65 hingga 74 tahun memiliki gangguan pendengaran yang signifikan; statistik ini meningkat menjadi 50% untuk orang-orang yang berusia 75 tahun ke atas.

Anehnya, biarpun ada banyak keuntungan dari pemakaian alat bantu dengar, sebagian besar dari mereka yang mengalami gangguan pendengaran masih belum menggunakan alat bantu dengar. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kurang dari satu dari tiga orang yang berusia di atas 70 tahun yang membutuhkan alat bantu dengar sudah mulai menggunakannya.

Para manula yang menjalani pemeriksaan pendengaran rutin terbukti lebih menikmati kesehatan seluruh tubuh. Dan pemeriksaan pendengaran tahunan dapat membantu Anda untuk:

  • Buat catatan. Bahkan jika tes pendengaran tahunan pertama menunjukkan pendengaran Anda normal, hasil ini dapat digunakan sebagai dasar untuk semua tes pendengaran yang Anda akan lakukan di masa depan. Hal ini memungkinkan dokter pribadi atau hearing care profesional Anda untuk tidak hanya memprediksi seberapa cepat pendengaran Anda merosot, tetapi mereka juga dapat memberi nasehat kepada Anda untuk bagaimana menunda timbulnya gangguan pendengaran.
  • Nikmati hari tua yang produktif dan memuaskan. Hidup dengan gangguan pendengaran dapat menempatkan banyak stres pada kesejahteraan seseorang. Jika tidak cepat ditangani, gangguan pendengaran menambah persepsi orang kepada Anda bahwa Anda “lambat” atau kehilangan kemampuan Anda, yang sebenarnya tidak demikian. Persepsi negatif dari orang lain dapat memengaruhi Anda untuk memiliki persepsi negatif tentang diri sendiri, yang pada akhirnya membuat Anda merasa frustrasi, tidak ada harga diri, dan bahkan depresi. Masalah pendengaran juga diketahui meningkatkan resiko demensia pada orang tua, yang akan mempengaruhi Anda memiliki umur yang lebih pendek.
  • Identifikasi risiko kesehatan. Banyak pasien tidak menyadari bahwa masalah pendengaran mereka merupakan gejala dari kondisi yang lebih serius. Banyak kondisi kesehatan, seperti komplikasi diabetes, penyakit Ménière, masalah tekanan darah, tumor, dan cedera kepala yang ditemukan dan berhasil didiagnosis dari tes pendengaran.
    Hidup dengan ketenangan pikiran. Jika hasil check-up Anda nyatakan bahwa Anda masih sehat, Anda bisa memberi tahu keluarga Anda agar mereka tidak terlalu khawtir tentang kamu. Anda tidak hanya masih bisa berpartisipasi dalam pertemuan sosial, tetapi Anda bisa menjaga diri sendiri atas suara notifikasi peringatan keras jika ada bahaya terjadi di rumah.
  • Mencegah jatuh. Gangguan pendengaran dapat mengganggu keseimbangan di telinga bagian dalam, yang dapat meningkatkan seseorang manula untuk lebih mudah jatuh. Sayangnya, jatuh adalah salah satu penyebab paling umum cedera serius pada pasien usia lanjut, yang meningkatkan risiko kematian dini.
  • Tetap terhubung dengan orang yang dikasihi. Jika seseorang ada gangguan pendengaran yang cukup berat, ia akan menarik diri dari acara keluarga atau pertemuan sosial. Akibatnya, banyak manula sering merasa bahwa hubungan keluarga mereka menderita karena ketidakmampuan mereka untuk mendengar secara memadai atau sepenuhnya berpartisipasi dalam percakapan. Dalam beberapa kasus, perilaku mereka juga tanpa sadar ikut berubah karena mereka menjadi lebih mudah marah dan menyerang orang-orang yang dikasihi karena frustrasi. Oleh karena itu, perawatan gangguan pendengaran akan membantu Anda untuk memperbaiki hubungan Anda dan bantu Anda menikmati hidup kembali.

Mengembalikan pendengaran Anda, memulihkan kualitas hidup Anda

Gangguan Pendengaran Dapat Mempengaruhi Lansia Secara Emosional, Mental & Fisik

Gangguan Pendengaran Lansia @ SOUNDLIFE

Bayangkan diri Anda sendiri terputus dari kejadian sehari-hari walaupun Anda hadir secara fisik. Percakapan terjadi di sekitar Anda tetapi Anda tidak dapat benar-benar berpartisipasi, setidaknya tidak seperti biasanya. Seiring waktu, Anda akan merasa lebih mudah untuk tetap di rumah daripada mencoba pergi ke pesta atau restoran yang bising, karena terlalu frustasi untuk mencoba dan mendengar apa yang dikatakan oleh keluarga dan teman Anda.

Dari korban emosional saja untuk para manula dengan gangguan pendengaran sudah sangat berat, apalagi korban pada kesehatan fisik dan social mereka. Jika tidak cepat ditangani, gangguan pendengaran dapat menyebabkan masalah lain, seperti:

  • Depresi
  • Keamanan pribadi menurun
  • Kesepian
  • Kesehatan yang buruk
  • Marah
  • Menarik diri dari kehidupan sosial
  • Penurunan kognitif
  • Rongseng

Lansia dengan gangguan pendengaran melaporkan kualitas hidup mereka lebih rendah daripada orang dengan pendengaran normal, atau yang gangguan pendengarannya telah diatasi dengan alat bantu dengar.

Gangguan pendengaran yang tidak diobati akan mempengaruhi setiap aspek kehidupan bagi para manula, dari kesehatan fisik hingga kesehatan emosional dan hubungan keluarga. Untungnya, solusi Anda untuk meningkatkan kualitas hidup sangat mudah karena Anda hanya perlu menghubungi Hearing Care Profesional kami.

Di SOUNDLIFE, Anda dapat mencoba alat bantu dengar tanpa resiko di kenyamanan rumah Anda selama 10 hari. Kami tidak ingin Anda membeli alat bantu dengar yang dipilih jika Anda tidak merasakan manfaatnya di dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Untuk mulai meningkatkan kemampuan pendengaran Anda, silahkan membuat janji di (021) 2994-1688 atau (0815) 1353-8888.