Pendengaran memaikan peran penting dalam perkembangan anak

Pentingnya Pendengaran Pada Anak-Anak

Anak-anak mempelajari kata-kata yang mereka dengar dari lingkungan sekitar mereka. Bukan hanya perkembangan bahasa yang tergantung pada kemampuan pendengaran anak Anda, namun kecakapan pendengaran mereka juga mempengaruhi kemampuan mereka untuk membaca dan menulis.

Di masa lalu, gangguan pendengaran pada anak-anak biasanya tidak terdeteksi sampai anak berusia dua tahun, ketika ia belum dapat berbicara di saat anak-anak sebayanya sudah mulai berceloteh.

Seiring pertumbuhannya, anak Anda menghadapi serangkaian tantangan dalam tingkat-tingkat berbeda dalam hidup mereka, sejak masa balita hingga sekolah dan seterusnya. Jika gangguan pendengaran anak Anda tidak segera ditangani, perkembangan bahasa dasar mereka biasanya dapat terhambat. Gangguan pendengaran mereka akan mempengaruhi hidup mereka dengan berbeda dalam transisi dari rasa aman dalam rumah hingga berdiri sendiri dalam lingkungan yang penuh tantangan, seperti sekolah, olahraga dan aktifitas sosial lainnya. Gangguan pendengaran juga dapat mempengaruhi kemampuan sosial mereka dikarenakan kurangnya rasa percaya diri.

Gangguan Pendengaran Anak-Anak @ SOUNDLIFE

Apa Pentingnya untuk Mengatasi Gangguan Pendengaran Anak Anda?

Semakin cepat gangguan pendengaran terdeteksi dan diobati, akan lebih baik untuk masa depan anak Anda.

Penelitian telah menunjukan bahwa deteksi dan intervensi untuk gangguan pendengaran sebelum usia enam bulan memberikan hasil yang jauh lebih baik daripada intervensi setelah usia enam bulan. Maka dari itu, screening pendengaran untuk bayi baru lahir sekarang ini umum ditemukan di rumah sakit kebanyakan negara OECD (Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi). Ketika anak-anak dengan gangguan pendengaran terdeteksi dan diobati dalam usialebih muda, mereka memiliki kesempatan yang sama untuk pencapaian potensi terbaik mereka layaknya anak-anak sebayanya dengan pendengaran normal.

Mengapa Anak Anda Membutuhkan Perlindungan Pendengaran?

Kebisingan adalah salah satu ancaman terbesar pendengaran anak Anda. Tetapi tidak seperti penyebab gangguan pendengaran lainnya, kita memiliki kendali penuh atas pencegahan kerusakan pendengaran karena kebisingan.

Hal terbaik yang perlu anda lakukan untuk melindungi anak Anda dari kebisingan adalah mengajarkan mereka menghargai pendengaran mereka. Ajarkan anak Anda untuk mengerti bagaimana kebisingan nyaring dapat membahayakan kemampuan pendengarannya.

Dorong anak Anda untuk membiasakan menggunakan pelindung pendengaran ketika dibutuhkan. Ajarkan mereka untuk menggunakan jemari mereka untuk menutup telinga mereka dengan cepat ketika suara nyaring, seperti sirene ambulans, berbunyi tiba-tiba dengan keras ditelinga mereka—atau ketika tidak ada pelindung pendengaran apapun di sekitar mereka. Penting juga untuk mengajarkan anak Anda menurunkan volume suara ketika menggunakan earbud atau headphone dan membatasi waktu pemakaiannya.

Pelindung Pendengaran Bayi @ SOUNDLIFE

Yang paling penting, jadilah contoh yang baik untuk anak Anda. Tunjukkan anak Anda bahwa Anda pun menghargai pendengaran Anda. Gunakan pelindung pendengaran ketika Anda menggunakan peralatan yang mengeluarkan suara bising. Desak anak Anda untuk melakukan hal yang sama ketika berdekatan.

Apa Pentingnya Menggunakan Pelindung Telinga Saat Anak Anda Berenang?

Untuk banyak keluarga, bermain di kolam renang maupun pantai terdekat saat hari cerah merupakan waktu keluarga yang menyenangkan. Memakai pelindung telinga saat berenang sangat disarankan, terutama ketika Anda berenang di perairan terbuka seperti pantai, danau, sungai maupun lautan.

Bakteri dalam air mengandung risiko untuk anak-anak dengan infeksi telinga, seperti telinga perenang (otitis externa), infeksi telinga bagian tengah (otitis media) ataupun liang telinga. Menggunakan pelindung telinga saat renang adalah cara pintar untuk menjaga telinga Anda tetap kering dan mencegah air yang mengandung bakteri berbahaya terjebak di dalam telinga Anda. Jangan biarkan kesenangan Anda terganggu oleh rasa sakit.