Memberdayakan anak Anda untuk membuka potensi sejati mereka dengan kelima indera

Pentingnya indera pendengaran untuk masa depan anak-anak

Kebanyakan orang dewasa berpendapat bahwa masa kecil adalah masa terbaik dalam hidup mereka. Di sisi lain, sebagian besar anak-anak merasa bahwa tumbuh dewasa adalah masa-masa terberat mereka. Namun, kita semua setuju bahwa anak-anak dengan gangguan pendengaran menjalani hidup yang lebih penuh tantangan, karena gangguan pendengaran telah merampas indera terpenting yang seharusnya mewarnai hidup mereka.

Gangguan pendengaran pada usia berapapun memberikan masalah emosional. Menurut WHO, 642 juta orang di dunia mengalami gangguan pendengaran. Sayangnya 181 juta di antaranya adalah anak-anak. Hal ini berdampak buruk bagi anak-anak, karena gangguan pendengaran menjadi penghalang bagi mereka dalam menjalankan tugas utama yaitu: belajar demi membangun masa depan mereka sendiri.

Untungnya, kini ada solusi untuk masalah tersebut. Perkembangan dalam teknologi kesehatan pendengaran dapat mengembalikan suara didalam kehidupan mereka. Penggunaan alat bantu dengar dapat membantu anak dengan gangguan pendengaran mendapatkan kembali kebebasan mereka untuk belajar, berkomunikasi, bersosialisasi dan menikmati hidup mereka sepenuhnya. Mereka dapat bersekolah, menemukan pekerjaan, atau berpartisipasi dalam masyarakat, layaknya anak-anak biasa.

Solusi pendengaran saat ini telah meningkat pesat sehingga anak-anak yang memiliki gangguan pendengaran sangat berat sekalipun dapat terbantu dengan penggunaan alat bantu dengar.

Tanda-Tanda Gejala Gangguan Pendengaran pada Bayi dan Anak

Pemeriksaan dini terhadap gangguan pendengaran sebagai langkah yang tepat untuk memastikan masa depan anak Anda terjaga dengan baik. Deteksi awal gangguan pendengaran melalui skrining dapat mengurangi efek dari gangguan pendengaran yang dapat dihindari melalui tindakan rehabilitasi.

Inilah beberapa perilaku umum yang dapat Anda gunakan untuk menentukan apakah anak Anda memiliki tanda-tanda gangguan pendengaran:

Bayi dan Bayi Baru Lahir

  • Tidak terkejut saat mendengar suara keras
  • Tidak menunjukkan perkembangan berbicara yang normal
  • Tidak mengoceh
  • Tidak mengatakan satu kata ketika bayi berusia 12 bulan atau lebih
  • Sering terserang flu atau atau infeksi telinga dengan atau tanpa pengeringan cairan di telinga
Signs of Hearing Loss in Babies
Signs of Hearing Loss in Children

Anak-Anak

  • Menonton TV terlalu dekat dengan suara volume yang keras
  • Tidak menanggapi seseorang yang berbicara tanpa tatap muka
  • Mulai berbicara lebih lambat dari biasanya
  • Kesulitan mengikuti petunjuk sederhana
  • Mengalami kesulitan belajar di sekolah

Membesarkan anak dengan gangguan pendengaran adalah sebuah tantangan.Tumbuh kembang setiap anak berbeda-beda, terlepas apakah mereka memiliki gangguan pendengaran atau tidak, tidak ada hal seperti “satu ukuran cocok untuk semua”. Untuk dapat mengelola situasi seperti ini dengan baik, semakin Anda bisa melibatkan diri sebagai orangtua, kehidupan anak Anda akan menjadi lebih mudah. Perhatikan ketika anak Anda ingin berbagi sesuatu dengan Anda – bahkan untuk hal-hal kecil. Kegiatan yang mengutamakan rasa saling menyayangi dan peduli akan menstimulasi anak Anda sehingga membuat mereka merasa tenang dan percaya diri.

Saran terbaik yang bisa kami tawarkan adalah Anda harus mencintai, menerima dan mendukung anak Anda. Semakin Anda mempelajari tentang tantangan yang akan dihadapi oleh anak Anda, semakin anda siap untuk mendukung mereka.