Biarkan anak Anda fokus pada pelajarannya

Anak-Anak dan FM Sistem

Sudah banyak bukti bahwa bagi anak-anak, perkembangan bahasa tipikal, perkembangan wicara, kecakapan sosial, dan pencapaian akademis tergantung pada kemampuan untuk mendengar. Banyak anak yang menggunakan alat bantu dengar masih mengalami kesulitan mendengar dan memahami kata-kata orang tua maupun guru bila berada dilingkungan yang bising- dan dalam jarak yang dekat . Tantangan komunikasi ini juga berlaku untuk anak-anak dengan pendengaran normal yang menderita kelainan berkaitan dengan konsentrasi, seperti Attention-Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD/Kelainan Kekurangan Atensi dan Hiperaktif) atau Auditory Processing Disorder (APD/Gangguan Pendengaran Pada Sistem Auditori).

Manfaat FM Sistem di Sekolah

Ketika tingkat kebisingan meningkat, siswa-siswi yang memiliki masalah konsentrasi  atau gangguan pendengaran, sering berjuang untuk membedakan suara ucapan yang penting—seperti suara guru—dengan suara yang bising lingkungan. Walaupun dengan kemajuan besar dalam teknologi pendengaran dalam beberapa tahun belakangan ini, alat bantu dengar dan cochlear implant  tetap belum cukup untuk membantu anak-anak mendengar dengan jernih dalam situasi berlatar belakang bising, bergema, atau ketika mencoba untuk berkomunikasi dengan orang yang berjarak cukup jauh. Dalam situasi-situasi seperti ini, FM sistem akan menjadi tambahan yang fantastis karena teknologi FM dapat menghantar suara-percakapan dengan jernih dengan jarak sampai 15 meter, yang artinya para guru tidak perlu lagi meninggikan suara mereka untuk dapat didengar dan dimengerti.

Gangguan Pendengaran di Kelas @ SOUNDLIFE

Sistem ini membantu anak Anda untuk mendengar dengan lebih baik, yang memudahkan mereka untuk terhubung dan memahami arahan para guru, dan alhasil meningkatkan performa mereka. Karena fungsinya yang sangat membantu dalam lingkungan penuh anak-anak yang berisik dan penuh gema seperti Taman Kanak-kanak atau ruang kelas, FM sistem banyak digunakan dalam bidang pendidikan.

Manfaat Lain Menggunakan FM Sistem untuk Anak Anda

Anak-anak dengan gangguan pendengaran berat seringnya hanya mengerti percakapan jika mereka  membaca gerak bibir lawan bicara mereka. FM Sistem “menjembatani kesenjangan” tersebut dengan menghantar suara percakapan langsung ke telinga anak dan membantunya ketika mereka tidak dapat membaca bibir. Anak-anak seringnya juga berjuang keras untuk mendengar dan memahami percakapan di dalam mobil dikarenakan suara latar belakang yang bising. Dengan FM sistem, perbedaannya luar biasa; seringnya mengubah anak yang tadinya tidak bahagia menjadi aktif dan tanggap.

Apa yang Perlu Diperhatikan ketika Membeli Alat Bantu Dengar untuk Anak Anda?

Jika anak Anda membutuhkan alat bantu dengar, pastikan perangkat pendengaran yang Anda pilih dapat:

  • Membuat anak Anda mendengar suara guru dengan tingkat instensitas yang cukup dan konstan.
  • Membuat suara guru terdengar lebih jelas daripada suara latar belakang, contohnya seperti suara mainan, kertas, atau pensil yang diraut. Hal ini disebut rasio sinyal per kebisingan (S/N ratio / signal-to-noise ratio).
  • Memberikan pilihan untuk mematikan mikrofon pada alat bantu dengar, agar anak Anda dapat fokus kepada kata-kata guru yang dihantarkan langsung ke telinga anak Anda melalui FM sistem. Hal ini tepat bahkan jika Anda tidak membeli FM sistem sejak awal.