Memberi anak Anda perlindungan pendengaran yang mereka layak dapatkan

Melindungi pendengaran bayi Anda

Pergi ke taman hiburan, acara olahraga, menaiki pesawat terbang, mengunjungi mall, menonton kembang api merupakan bagian dari kehidupan normal sehari-hari yang menurut kita aman. Tanpa kita sadari bahwa aktifitas-aktifitas ini biasanya melibatkan tingkat kebisingan tinggi secara terus-menerus. Jika tidak ditangani dengan benar, hal ini dapat berujung kepada gangguan pendengaran yang disebabkan oleh paparan suara bising.

Kelebihan Menggunakan Earmuff

Anak-anak memiliki pendengaran yang sensitif. Begitu sensitifnya, sampai-sampai jika Anda bicara dengan suara normal sehari-hari, Anda dapat terdengar seakan-akan berteriak kepada mereka.

Untuk membantu anak-anak melindungi kemampuan pendengaran mereka dalam masa pertumbuhan, sebagai orang tua yang bertanggung jawab, kita sebaiknya menyediakan earmuff  untuk melindungi indra pendengaran anak-anak. Bukan hanya dapat melindungi pendengaran anak Anda, earmuff  juga dapat memberikan waktu yang tenang untuk mereka. Hal ini sangat membantu khususnya jika anak Anda memiliki autism, ADHD, atau kelainan lainnya yang berhubungan dengan pemrosesan sensoris dan pendengaran.

Berikut lima manfaat lainnya dari earmuff  untuk anak-anak Anda:

  • Melindungi telinga anak dalam masa pertumbuhanSuara yang sering didengar anak Anda biasanya lebih keras 20 dB daripada orang dewasa. Hal ini disebabkan oleh tekanan suara dari kebisingan diperkeras dalam liang telinga anak-anak dan bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan, yang mana lebih sempit,  sehingga membuat mereka lebih sensitif dan rentan terhadap gangguan pendengaran. Karena gangguan pendengaran bersifat kumulatif dan tidak dapat diperbaiki, Anda maupun anak Anda mungkin tidak akan menyadari efeknya dalam waktu lama.
  • Memberikan saraf sensoris waktu untuk beristirahat. Stimulasi yang terlalu banyak dapat menjadi berbahaya, terutama bagi anak-anak yang memiliki masalah dengan kondisi sensoris seperti Autisme dan ADHD. Earmuff dapat memberikan waktu istirahat dari stimulasi tersebut, dan mencegah situasi ransangan sensoris yang berlebihan.
  • Membantu menenangkan kegugupan dan perasaan tidak nyaman. Beberapa anak dapat merasa gugup dan tidak nyaman saat mendengar suara asing yang tidak dikenal. Apa yang terdengar normal bagi orang dewasa bisa jadi terdengar seperti suara paku pada papan tulis untuk anak-anak. Jika menggunakanearmuff , alat ini dapat membantu Anda dan si kecil mengunjungi dan merasakan tempat-tempat baru yang sangat bising sekalipun tanpa mengganggu mereka.
Earmuff Bayi @ SOUNDLIFE
  • Mengurangi stress yang disebabkan oleh suara bising. Manfaat menggunakan earmuff selain  mengurangi kebisingan juga dapat mengurangi stress yang mungkin dirasakan anak Anda. Suara-suara keras atau tidak menyenangkan dapat disaring, untuk mencegah terjadinya tekanan emosional yang dapat mengakibatkan stress.
  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi anak Anda. Ada perbedaan mendasar antara konsentrasi atas kemauan sendiri atau dipaksa. Konsentrasi atas kemauan sendiri sangat mudah bagi anak-anak. Mereka dapat menghabiskan berjam-jam  bermain game di komputer, bermain dengan teman-temannya atau mengerjakan seni dan kerajinan. Mereka memilih sendiri aktifitas tersebut dan senang menghabiskan waktu melakukannya. Mengerjakan pekerjaan rumah atau mendengarkan guru adalah bentuk konsentrasi yang dipaksakan. Mereka melakukan aktifitas-aktifitas tersebut sebagai “tugas”. Anak-anak berusia enam tahun umumnya hanya dapat dipaksa fokus selama sepuluh menit. Anak-anak berusia sepuluh tahun ke atas dapat dipaksa fokus selama dua puluh menit. Anak-anak berusia tiga belas tahun ke atas dapat dipaksa fokus selama tiga puluh menit. Menggunakan earmuff dapat membantu meningkatkan konsentrasi pada anak.

Bagaimana Saya Tahu Earmuff Mana Yang Bagus untuk Anak Saya?

  • Rating NRR yang baik (20-26). Jika earmuff memiliki rating NRR yang lebih rendah, kemungkinan besar ermuff tersebut tidak dapat memberikan perlindungan yang dibutuhkan anak Anda.  Jika nilai NRR lebih tinggi, mungkin anak Anda tidak dapat mendengar saat  Anda berbicara kepada mereka, sehingga mereka akan merasa terisolasi.
  • Penutup telinga yang mampu melindungi pendengaran anak Anda dengan efektif. Penutup ini penting untuk menjaga suara bising agar tidak masuk. Bahkan celah kecil sekalipun dapat membiarkan suara bising yang berbahaya masuk ke telinga anak Anda.
  • Tekstur earmuff yang lembut dan tidak kasar. Hanya dengan memegang dan merasakannya, Anda dapat membedakan kualitas produk earmuff  yang baik dengan yang berkualitas rendah.
  • Ikat kepala yang dilapisi dengan bahan lembut dan mudah digunakan. Umumnya, semua earmuff  dapat disesuaikan mengikuti beragam ukuran kepala, namun ada juga yang mudah terlepas dari kepala. Semua pilihan earmuff kami dapat disesuaikan panjangnya dan dapat dipakai dengan nyaman tanpa mudah terlepas. Ada juga earmuff  yang berkualitas kurang baik, yang terlalu mudah bergeser dan menyebabkan headband menekan kepala sehingga menjadi tidak nyaman digunakan.
  • Penjepit yang kuat dan bagus. Semua earmuff pelindung pendengaran bekerja dengan cara menekan dan  menutup telinga melalui ikat kepala. Tekanan tersebut berasal dari headband. Jika tekanan terlalu lemah, penutup telinga tidak dapat menutup dengan baik. Jika tekanan terlalu kuat, penutup telinga akan menjadi tidak nyaman dikenakan. Untuk bayi kecil yang kepalanya belum terbentuk sempurna, tekanan penjepit harus dipertimbangkan dengan hati-hati. Kami menyarankan Anda mencoba terlebih dahulu earmuff  yang akan Anda beli untuk mengetahui kenyamanan penggunaannya. Karena kepala Anda lebih besar daripada kepala anak Anda, tekanan jepitannya akan berkurang ketika dikenakan oleh anak Anda. Namun jika jepitan earmuff  terlalu kencang dan tidak nyaman untuk Anda, bisa jadi itu yang akan dirasakan oleh anak Anda saat memakai earmuff.

Ingatlah, Anda mengenal anak Anda lebih daripada kami, jadi percaya dirilah dan gunakan penilaian Anda sendiri. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam memilih earmuff, jangan ragu untuk menghubungi kami.