Memberdayakan Anda dan keluarga untuk bersenang-senang di air

Pelindung telinga untuk anak-anak

Untuk banyak keluarga, bermain di kolam renang maupun pantai terdekat saat hari cerah merupakan waktu keluarga yang menyenangkan. Memakai pelindung telinga saat berenang sangat disarankan, terutama ketika Anda berenang di perairan terbuka seperti pantai, danau, sungai maupun lautan.

Manfaat Pelindung Telinga untuk Berenang

Bakteri dalam air mengandung risiko untuk anak-anak dengan infeksi telinga, seperti infeksi telinga bagian luar (otitis externa), infeksi telinga bagian tengah (otitis media) ataupun anak-anak yang memakai tabung telinga. Menggunakan pelindung telinga saat berenang adalah cara pintar untuk menjaga telinga Anda tetap kering dan mencegah air yang mengandung bakteri berbahaya terjebak di dalam telinga Anda. Jangan biarkan kesenangan Anda terganggu oleh rasa sakit.

Pelindung telinga untuk renang mencegah air masuk ke telinga anak-anak yang lebih sensitif. Dokter seringkali menyarankan pelindung telinga seperti ini untuk anak-anak dengan keadaan seperti radang telinga luar (otitis externa) atau infeksi telinga bagian tengah (otitis media), atau untuk mereka yang menggunakan tabung telinga. Pelindung telinga untuk berenang tidak hanya menjaga telinga tetap kering, namun juga menghalangi bakteri yang berpotensi berbahaya masuk dan terjebak di dalam telinga.

Pelindung Telinga Renang @ SOUNDLIFE

Infeksi Telinga Luar dan Pelindung Telinga

Infeksi telinga luar adalah infeksi pada liang telinga bagian luar, dimulai dari gendang telinga hingga bagian luar liang telinga. Kondisi ini dapat terasa sakit pada anak-anak, dan biasanya disebabkan oleh air yang tertinggal didalam telinga setelah berenang. Air yang tertinggal ini menciptakan lingkungan yang lembab yang mendukung pertumbuhan bakteri. Maka, jika telinga anak Anda cenderung mudah terinfeksi  dan Anda tidak ingin mereka beresiko terkena infeksi telinga, pelindung renang tentunya patut dipertimbangkan.

Jenis-jenis Pelindung Telinga untuk Renang

Sebagai orang tua, Anda memiliki dua pilihan saat membeli pelindung telinga untuk anak Anda: pelindung telinga custom-fit atau pelindung telinga universal. Hearing care professional  kami dapat membantu Anda mendapatkan pelindung telinga yang sesuai untuk anak Anda.

  • Pelindung Telinga Renang Custom-Fit
    Pelindung telinga renang custom-fit memiliki kelebihan dalam kualitas, penyesuaian, lebih pas dan tahan lama daripada pelindung telinga renang universal. Selain itu, pelindung telinga renang ini juga dapat dicuci sehingga lebih higienis. Kekurangannya adalah pelindung renang ini lebih mahal daripada pelindung telinga renang universal, karena harganya yang tidak murah, maka sangat sulit untuk digantikan jika hilang. Untungnya, pelindung telinga renang custom-fit sangat nyaman dipakai ditelinga dengan baik, sehingga tidak mudah jatuh. Karena pelindung telinga ini menutup penuh telinga Anda, mungkin Anda akan membutuhkan beberapa saat untuk terbiasa dengan occlusion effect  (fenomena suara yang terjadi ketika liang telinga tertutup dan kenyaringan suara bernada rendah terasa meningkat)
  • Pelindung Telinga Renang Universal
    Pelindung telinga renang universal biasanya terbuat dari material termoplastik yang menyesuaikan dengan bentuk telinga sehingga pelindung telinga bisa dipakai sesuai dengan liang telinga dengan sempurna. Karena pelindung renang ini tidak mengandung silikon, pelindung ini tidak menimbulkan reaksi alergi. Dengan biaya yang lebih rendah, Anda dapat mendapatkan pelindung telinga renang ini kapanpun dan dimanapun Anda membutuhkannya. Pelindung ini merupakan cara yang efektif secara biaya untuk mulai melindungi telinga Anda ketika berenang, menyelam, atau berselancar. Pelindung renang universal juga mudah dikenakan anak-anak, tanpa membutuhkan bantuan orang dewasa.