Bentuk alat bantu dengar yang paling umum di dunia

Alat Bantu Dengar Belakang Telinga (BTE)

Alat bantu dengar adalah perangkat komunikasi yang membantu seseorang untuk mendengar dengan jelas dan berkomunikasi tanpa batas. Secara garis besar, semua alat bantu dengar memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk memperkuat suara agar terdengar lebih keras, sehingga mereka yang memiliki gangguan pendengaran tetap bisa mendengarkan percakapan dengan jelas.

Pada umumnya, suara akan masuk ke alat bantu dengar melalui mikrofon. Saat ini, alat bantu dengar yang modern dilengkap dua atau tiga mikrofon, yang dapat menangkap suara dari segala arah, sehingga menunjang komunikasi pengguna sekalipun dalam lingkungan yang bising.

Dengan menggunakan teknologi pengolahan suara digital, chip pada mesin alat bantu dengar akan menangkap suara yang masuk dan mengubahnya menjadi kode digital. Salinan kode digital suara kemudian diolah, dianalisa dan diperkuat sesuai dengan tingkat gangguan pendengaran, kebutuhan mendengar dan lingkungan sekitar pengguna. Sinyal yang keluar kemudian dikonversi kembali menjadi sinyal akustik analog, dan dikirimkan ke telinga melalui loudspeaker atau receiver.

Gelombang suara kemudian dikirim ke liang telinga pengguna melalui selang plastik yang dihubungkan ke ear mold (cetakan telinga), atau langsung menuju saluran telinga melalui selang tipis dan eartip. Selain itu, bisa juga melalui kabel tipis yang terhubung dengan receiver yang ditempatkan langsung di dalam liang telinga pengguna.

soundlife-siemens-behind-the-ear-bte-hearing-aids

Meskipun alat bantu dengar belakang telinga (BTE) dirancang menggunakan prinsip yang sama, alat bantu dengar ini memiliki berbagai macam bentuk, ukuran, gaya dan warna. Tidak semua individu dapat menggunakan alat bantu dengar yang sama, karena alat bantu dengar harus diprogram terlebih dahulu tergantung dengan kebutuhan dan gaya hidup masing-masing individu. Seperti yang kita tahu, gaya hidup dan hobi-hobi semua orang berbeda-beda seperti halnya sidik jari kita.

Seperti namanya, alat bantu dengar BTE ini cukup digunakan dengan cara mengaitkan atau meletakkannya di bagian belakang telinga pengguna. Seperti kita ketahui, setiap orang memiliki keunikan masing-masing, begitu juga dengan pemilihan alat bantu dengar.

Banyak orang lebih memilih menggunakan alat bantu dengar belakang telinga (BTE) dikarenakan fakta-fakta berikut:

  • cocok untuk segala usia
  • efek gema suara yang rendah
  • mudah dikontrol dan digunakan
  • mudah dibersihkan
  • mempunyai daya tahan baterai yang cukup lama
  • perlindungan kelembapan telinga
  • suara yang didengar lebih natural
  • tersedia untuk semua tingkat gangguan pendengaran

Dengan berkembangnya teknologi alat bantu dengar, tidak hanya alat bantu dengar belakang telinga (BTE) ini tersedia untuk tingkat gangguan pendengaran yang ringan hingga sangat berat saja, namun alat bantu dengar ini tersedia dalam berbagai gaya, fitur, warna dan harga yang terjangkau sehingga cocok dengan anggaran dan gaya hidup setiap individu.

Tipe Alat Bantu Dengar Belakang Telinga (BTE)

  • Alat Bantu Dengar Open-Fit BTE
    Alat bantu dengar Open-Fit menggunakan selang tipis dan ear tip untuk menggantikan cetakan telinga, yang menghubungkan alat bantu dengar ke telinga. Pada saat digunakan, alat bantu dengar model ini tampak hanya sebagai selang tipis yang dihubungkan ke telinga, sehingga alat bantu dengar model ini lebih tidak terlihat dibandingkan dengan BTE standar.

    Pelanggan yang memilih jenis BTE ini biasanya akan merasa lebih nyaman, karena bagian liang telinga bisa dibiarkan dalam keadaan terbuka, sehingga membantu mengurangi efek oklusi dan menghindari telinga menjadi lembab.

    BTE Open-Fit paling cocok untuk Anda yang baru pertama kali menggunakan alat bantu dengar, atau yang memiliki masalah gangguan pendengaran ringan-sedang, atau yang sebelumnya pernah mengalami masalah di telinga bagian tengah, seperti radang teling tengah atau masalah penumpukan kotoran telinga.

  • Alat Bantu Dengar Standard Belakang Telinga 
    Alat bantu dengar belakang telinga (BTE), merupakan alat bantu dengar dengan menggunakan cetakan telinga (ear mold), yang didesain dengan model paling sederhana. Pengguna membutuhkan selang plastik dan cetakan telinga yang dibuat sesuai dengan bentuk telinga dan dihubungkan ke alat bantu dengar ke telinga pengguna.

    Karena cetakan telinga hampir sepenuhnya mengisi bagian luar telinga dan liang telinga, maka model alat bantu dengar ini akan menghasilkan suara dengan kualitas yang terbaik, sekaligus mampu mencegah bunyi feedback bernada tinggi yang menggangu, yang sering dirasakan oleh banyak pengguna alat bantu dengar.

    Alat bantu dengar ini sangat cocok untuk anak-anak, karena memungkinkan adanya tambahan beberapa fitur, seperti koneksi nirkabel dengan menggunakan Bluetooth, safety battery door lock untuk keamanan penggunaan pada anak-anak, audio shoes sistem transmisi FM untuk membantu anak-anak belajar di kelas dan lampu indikator LED untuk memberitahukan daya baterai, juga beberapa kelebihan lainnya.

  • Superpower BTE Hearing Aids
    Bagi orang-orang dengan gangguan pendengaran yang berat, kehidupan dapat menjadi perjuangan yang sulit ketika Anda harus mendengarkan dan berkomunikasi. Anda mengalami kesulitan dalam menggunakan ponsel, memahami pembicaraan dan menikmati suara dari perangkat multimedia lainnya, seperti iPod, streaming radio dan TV.Alat bantu dengar BTE Superpower dirancang untuk orang-orang dari segala usia, dari bayi hingga orang dewasa. Mengingat bahwa pada sebagian besar kasus gangguan pendengaran bawaan, jenis alat bantu dengar juga dilengkapi dengan banyak fitur yang ramah anak, diantaranya seperti kunci baterai (battery locks), notifikasi daya baterai, dan audio shoe.

    Jika dokter atau otolaryngologist meminta Anda untuk menjalani operasi implan koklea dan Anda belum mencoba alat bantu dengar BTE Superpower, Anda harus mencobanya terlebih dahulu.

    Dengan terus meningkatkan teknologi pendengaran, lebih dari 50% orang dengan gangguan pendengaran sangat berat dapat mendengar lagi tanpa menjalani operasi implan koklea yang mahal dan menyakitkan. Alat bantu dengar BTE Superpower saat ini dapat menghubungkan Anda kembali dengan suara atau percakapan yang mungkin telah hilang.

    Dunia tidak lagi terdengar sunyi untuk Anda.