Alat bantu dengar dengan ukuran kecil yang dapat tersembunyi di dalam liang telinga

Alat Bantu Dengar Dalam Telinga (IIC, CIC, ITC, ITE)

Pendengaran sangat berperan penting dalam menentukan apakah seseorang memiliki kualitas hidup yang baik atau tidak. Kita tidak hanya menggunakan telinga untuk berkomunikasi dan mengekspresikan sebuah emosi, tetapi kita menggunakannya juga untuk membangun hubungan yang bermakna dengan orang-orang yang kita cintai.

Sayangnya, stigma negatif tentang gangguan pendengaran, membuat orang-orang yang mungkin memiliki gangguan pendengaran lebih memilih untuk mengabaikan masalah pendengaran daripada mengatasinya, dengan menggunakan alat bantu dengar. Akibatnya, banyak penderita gangguan pendengaran yang harus menunggu selama 7 tahun, untuk menggunakan alat bantu dengar. Sayangnya, di saat mereka menyadari hal tersebut, kadangkala kualitas kehidupan sosial mereka sudah mengalami perubahan.

Berkat kemajuan teknologi pendengaran, saat ini para penderita gangguan pendengaran memiliki beraneka pilihan alat bantu dengar yang disesuaikan dengan selera, karakter, anggaran dan gaya hidup mereka.

soundlife-siemens-custom-hearing-aids

Apa Itu Alat Bantu Dengar Dalam Telinga?

Banyak orang yang merasa malu saat harus terlihat menggunakan alat bantu dengar. Untuk mengetahui kebutuhan pelanggan, industri alat bantu dengar menciptakan alat bantu dengar In- The-Ear (ITE) untuk mengatasi hal ini. Saat ini, setiap orang bisa memaksimalkan kemampuan mendengar mereka, termasuk mereka yang sangat peduli dengan penampilan.

Untuk memastikan apakah alat bantu dengar ini tidak terlihat jelas saat digunakan, maka ITE tidak hanya dirancang sesuai dengan bentuk telinga Anda, tetapi juga tersedia dalam warna yang sesuai dengan kulit Anda.

Alat bantu dengar ini sangat cocok untuk untuk semua jenis gangguan pendengaran. ITE juga memiliki tingkat kecanggihan yang sama dengan alat bantu dengar BTE. Namun, jika Anda adalah pengguna pertama, Anda mungkin perlu beradaptasi lebih lama agar terbiasa dengan suatu benda di telinga Anda. Rasanya mungkin sama seperti saat Anda menggunakan lensa kontak untuk pertama kalinya. Setelah beberapa hari merasakan tidak nyaman, semuanya akan beralih normal kembali.

Tipe Alat Bantu Dengar Dalam Telinga

Biasanya tipe yang disediakan tergantung dengan ukuran liang telinga dan derajat gangguan pendengaran yang Anda alami. Anda dapat memilih model yang terlihat di telinga seperti Full-Shell In-The-Ear (ITE) sampai yang tidak terlihat sama sekali seperti Invisible In-The-Canal (IIC).

  • Alat Bantu Dengar Full-Shell In-The-Ear (ITE)
    Alat Bantu Dengar dalam telinga atau In-The-Ear (ITE) adalah alat bantu dengar model dalam telinga yang terbesar dan aman digunakan pada telinga bagian luar Anda. Alat bantu dengar ini akan memenuhi bagian telinga luar Anda, karenanya alat bantu dengar ini disebut juga alat bantu dengar ITE Full-Shell (FS).

    Dengan ukuran yang lebih besar, memungkinkan alat ini didukung oleh banyak fitur dalam satu perangkat, seperti pengarah mikrofon, pengatur volume dan program dan pengatur untuk hubungan telepon. Dengan ruang penguat suara yang lebih besar, alat bantu dengar FS ITE cocok untuk orang-orang dengan gangguan pendengaran sedang sampai berat.

    Alat bantu dengan FS ITE dapat dengan nyaman melekat pada bagian luar telinga Anda, dan dapat dimasukan atau dikeluarkan dengan mudah dari telinga Anda. Alat ini juga sangat mudah digunakan, sehingga ideal untuk mereka dengan keterampilan yang terbatas.

  • Alat Bantu Dengar In-The-Canal (ITC)
    Alat Bantu dengar In-The-Canal (ITC), merupakan alat bantu dengar yang dirancang sangat aman dan cocok untuk ditempatkan pada bagian awal liang telinga Anda. Dibandingkan dengan ITE, mereka lebih tidak terlihat di telinga, dimana hanya sebagian kecil dari badan alat bantu dengar tersebut yang dapat terlihat di telinga bagian luar.

    Syarat menggunakan alat bantu dengar ini adalah, Anda perlu memiliki saluran telinga yang panjang dan cukup lebar, sehingga dapat menampung semua perangkat elektronik dalam alat bantu dengar tersebut. Karena ukurannya lebih kecil, fitur-fitur yang dapat membuat Anda merasa nyaman seperti yang biasa ditemukan dalam produk ITE standar, seperti pengatur volume dan program, mungkin tidak semuanya bisa Anda temui di alat ini.

    Sekalipun begitu, alat bantu dengar ITC tetap bisa menjadi solusi untuk berbagai gangguan pendengaran mulai dari yang ringan sampai sedang. Alat ini juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk mereka yang tidak dapat menggunakan IIC atau CIC, karena memiliki saluran telinga yang sempit. Mereka yang menggunakan kacamata akan cocok dengan pilihan ini, dikarenakan alat bantu dengar model ITE Full Shell dapat menyebabkan ketidaknyaman saat

  • Alat Bantu Dengar Completely-In-The-Canal (CIC)
    Completely-In-The Canal (CIC) merupakan alat bantu dengar yang ditempatkan pada bagian dalam saluran telinga Anda, atau pada tikungan kedua liang telinga Anda. Dengan bentuknya yang minimalis, hanya selang tipis transparan saja yang bisa terlihat di bagian luar telinga Anda, yang berfungsi untuk mengeluarkan alat bantu dengar tersebut dari telinga.

    Alat bantu dengar CIC memang terdengar sangat menarik. Sayangnya, sebagian kecil orang mungkin tidak cocok menggunakan alat ini, karena untuk menggunakannya dibutuhkan saluran telinga yang cukup besar, yang dapat menampung semua perangkat elektronik yang diperlukan sebagai sumber kekuatan pada alat bantu dengar tersebut. Dan, Anda pun diharuskan memiliki kecekatan tangan yang baik dalam menggunakannya.

    Meskipun demikian, produk ini adalah produk yang sangat bagus. Alat bantu dengar CIC tidak hanya terlihat sangat minimalis dan mampu membantu Anda mendengar dengan jelas, tapi penempatannya pada bagian dalam saluran telinga juga bisa mencegah masalah yang disebabkan oleh suara angin atau suara feedback, yang umum ditemukan di alat bantu dengar model lainnya. Beberapa model terbarunya bahkan sudah dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth yang dapat terhubung dengan semua perangkat komunikasi Anda.

  • Alat Bantu Dengar Invisible-In-The-Canal (IIC)
    Invisible-In-The-Canal (IIC) merupakan revolusi terbaru untuk kategori alat bantu dengar dalam telinga. Alat ini jauh lebih kecil dibanding CIC, yang ditempatkan tepat setelah tikungan ke dua pada liang telinga, sehingga membuatnya benar-benar tidak terlihat oleh mata. Satu-satunya yang terlihat dari luar telinga adalah selang tipis transparan yang berfungsi untuk mengeluarkan alat bantu dengar tersebut dari dalam telinga Anda.

    Alat bantu dengar IIC menawarkan Anda banyak manfaat. Penempatannya yang tepat setelah tikungan kedua liang telinga, membuatnya sangat dekat dengan gendang telinga, sehingga alat bantu dengar ini tidak membutuhkan penguatan suara yang besar, untuk mendapatkan manfaat yang sama dengan alat bantu dengar model lainnya. Posisinya yang jauh di dalam liang telinga Anda tidak hanya mencegah efek oklusi, tetapi juga memungkinkan Anda menggunakan bentuk telinga alami Anda untuk melokalisasi arah suara. Alat ini sangat aman dan cocok untuk Anda yang aktif.

Dengan begitu banyak pilihan alat bantu dalam telinga yang tersedia di pasar, Anda pun dapat meninggalkan masa-masa dimana Anda harus meminta orang-orang yang Anda cintai berbicara lebih keras dengan Anda. Jika Anda bertanya model yang cocok untuk anda, sebaiknya pilihlah salah satu model yang nyaman untuk Anda gunakan setiap hari, sehingga dapat membuat Anda mudah dalam berinteraksi di keseharian Anda. Selain itu, dengan banyaknya penelitian yang menyebutkan bahwa gangguan pendengaran dalam jangka waktu lama memiliki konsekuensi yang tidak baik untuk Anda, seperti menyebabkan depresi atau demensia dini, dengan menggunakan alat bantu dengar dalam telinga, akan membantu Anda memberikan keseimbangan antara suara yang ingin Anda dengar dengan penampilan yang Anda inginkan.