Kecil dan tidak terlihat, alat bantu dengar ini adalah pilihan populer bagi banyak pengguna pertama

Alat Bantu Dengar Receiver-In-Canal (RIC)

Alat Bantu Dengar Receiver-In-Canal (RIC) merupakan pengembangan terbaru dari alat bantu dengar, dimana model ini dapat memberikan keseimbangan dalam kenyamanan dan penampilan.

Seperti namanya, receiver ditempatkan di dalam liang telinga. Karena receiver terpisah dari bagian inti alat bantu dengar, maka satu-satunya yang terlihat saat pengguna mengunakan alat bantu dengar ini adalah kabel transparan yang dihubungkan ke telinga.

Alat bantu dengar RIC biasanya berukuran sangat kecil, ringan dan tidak terlihat.

Alat Bantu Dengar RIC @ SOUNDLIFE

Perbandingan Antara Alat Bantu Dengar RIC vs BTE

Cobalah untuk memikirkan alat bantu dengar RIC adalah alat BTE dengan desain khusus.

Dalam BTE, semua komponen elektronik yang menjalankan alat bantu dengar ditempatkan di dalam kotak plastik yang pakai oleh pengguna di belakang telinga. Di sisi lain, casing plastik untuk alat bantu dengar RIC jauh lebih kecil karena speaker, juga lebih dikenal sebagai “receiver” tidak lagi di dalam kotak plastik dan ditempatkan di dalam liang telinga pemakainya. Receiver dan alat bantu dengar dihubungkan melalui selang kecil.

Memisahkan receiver dengan perangkat lainnya memiliki banyak keuntungan. Masalah yang disebabkan oleh suara feedback dan oklusi menjadi jauh lebih sedikit dengan alat bantu dengar RIC dibandingkan dengan alat bantu dengar jenis lainnya. Dengan liang telinga yang terbuka, pemakai akan merasakan suara yang didengar lebih alami dan nyaman. Model RIC ini merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang memiliki gangguan pendengaran ringan sampai berat, karena alat ini mampu memperkeras suara bernada tinggi dengan baik.

Alat bantu dengar RIC, juga sering dikenal sebagai Receiver-In-The-Ear (RITE), memang memiliki beberapa kelemahan, dibandingkan dengan jenis alat bantu dengar lainnya. Alat bantu dengar RIC sangat rentan terhadap kelembaban di dalam liang telinga, sehingga alat ini memerlukan perawatan yang rutin. Karena ukurannya yang kecil, biasanya pemakai alat bantu dengar ini sering tidak menyadari jika terjadi kehilangan. Selain itu, alat bantu dengar RIC juga memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan alat bantu dengar model BTE lainnya. Jadi beberapa pembeli merasa alat ini tidak sesuai dengan anggaran mereka.

Meskipun alat bantu dengar model RIC ini memiliki beberapa kekurangan, namun banyak kelebihan yang dimiliki alat ini yang menjadikannya layak untuk dipilih. Hearing Care Professional Anda kami dengan senang hati menjawab semua pertanyaan Anda tentang berbagai macam alat bantu dengar, dan membantu Anda memilih desain yang sesuai kebutuhan, gaya hidup dan anggaran Anda.

Mengapa Alat Bantu Dengar RIC Sangat Populer?

Alat bantu dengar jenis ini paling cocok untuk orang-orang yang menggunakan alat bantu dengar bukan hanya sekadar untuk membantu mendengar, tetapi juga untuk gaya hidup. Berita baiknya, jika Anda memilih alat bantu dengar RIC, Anda dapat membawa pulang alatnya pada hari yang sama. Anda tidak harus datang lagi di hari lain untuk mengambil earmold Anda.