Memulihkan kegembiraan mendengar

Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar adalah perangkat elektronik yang dirancang untuk membantu Anda mendengar lebih jelas dalam aktifitas sehari-hari. Melalui mikrofon dan amplifier, chip silikon yang canggih dalam perangkat tersebut secara terus menerus menangkap dan memproses suara-suara dari sekeliling Anda, dan secara langsung menyampaikannya ke telinga Anda.– semua dengan real time.

Khusus dirancang untuk meningkatkan pengalaman pendengaran pribadi Anda, alat bantu dengar tidak hanya membantu Anda membedakan suara-suara percakapan yang hendak Anda dengar dari suara bising yang tidak diinginkan, namun juga dapat mempelajari dan mengadaptasikan kebiasaan pendengaran Anda sesuai tingkat gangguan pendengaran dan kebutuhan gaya hidup Anda. Bahkan, alat bantu dengar terbaru dilengkapi program yang dapat diatur secara automatis agar Anda dapat menikmati kejernihan suara dengan nyaman di dalam berapa situasi rumit, seperti lingkungan bising, menyetir di dalam mobil, main golf, konser.

alat bantu dengar dalam telinga IIC, CIC, ITC, ITE

Alat Bantu Dengar Manakah Yang Tepat Untuk Saya?

Ada bermacam-macam gaya alat bantu dengar dengan berbagai desain dan pilihan warna. Tiap-tiap alat bantu dengar dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan pendengaran spesifik Anda.

  • Alat Bantu Dengar Belakang Telinga (BTE)
    Alat bantu dengar belakang telinga, atau disingkat sebagai alat BTE dirancang untuk tersembunyi di belakang daun telinga. Dengan tabung tipis dan bening yang tidak terlalu kelihatan untuk menyalurkan suara ke dalam telinga, alat ini tersedia dalam berbagai gaya dan ukuran, serta cocok untuk segala jenis gangguan pendengaran, dari yang ringan hingga yang sangat berat.
  • Alat Bantu Dengar Kustom Dalam Telinga (IIC, CIC ITC, ITE)
    Alat bantu dengar kustom dalam telinga, atau disingkat sebagai alat ITE dirancang untuk dipakai dalam telinga. Karena alat ini dibuat sesuai liang telinga pelanggan, alat ini hanya dapat dibuat sesuai pesanan. Tersedia dalam 4 gaya, yaitu: IIC, CIC, ITC dan ITE. Dikarenakan ukuran yang lebih kecil, alat ITE hanya tersedia untuk gangguan pendengaran ringan sampai berat.
  • Alat Bantu Dengar Dalam Liang Telinga (RIC)
    Alat bantu dengar dalam liang telinga (Receiver-In-Canal), yang seringkali disingkat sebagai alat RIC dirancang dengan komponen penerimaan suara ditempatkan dalam liang telinga pengguna, tidak lagi ditempatkan dalam badan alat bantu dengar. Oleh karena itu, ukuran alat RIC jauh lebih kecil, ringan dan tidak mencolok. Cocok untuk semua gangguan pendengaran dari ringan sampai sangat berat.
Berbagai jenis alat bantu dengar

Bagaimana Cara Kerja Alat Bantu Dengar?

Pada umumnya, suara masuk alat bantu dengar melalui mikrofon. Sekarang ini, banyak alat bantu dengar menawarkan sistem mikrofon banyak arah untuk meningkatkan pemahaman wicara dalam lingkungan yang bising.

Dengan teknologi pemrosesan suara digital, sebuah chip silikon menangkap suara yang masuk dan mengubahnya menjadi kode digital. Rekam digital suara tersebut kemudian diproses, dianalisa dan dibesarkan sesuai tingkat gangguan pendengaran, kebutuhan pendengaran dan suara sekeliling konsumen. Sinyal-sinyal tersebut kemudian diubah kembali menjadi sinyal akustik analog dan dihantarkan ke telinga melalui penerima suara (loudspeaker).

Gelombang suara kemudian dihantarkan ke liang telinga pengguna melalui tabung dan cetakkan telinga, atau langsung ke liang telinga melalui tabung tipis yang melekat dengan komponen penerimaan suara yang diletakkan secara langsung di dalam telinga.