Pertahankan pendengaran Anda saat Anda masih ada kesempatan

Pelindung Pendengaran

Alat pelindung pendengaran adalah alat yang digunakan untuk mencegah gangguan pendengaran yang disebabkan oleh paparan suara bising. Jika digunakan secara tepat, alat ini akan mencegah suara bising yang berlebihan masuk ke telinga Anda.

Berdasarkan undang-undang, pelindung pendengaran wajib digunakan untuk para pegawai yang bekerja di lingkungan dengan tingkat kebisingan diatas 80 desibel diatas 8 jam sehari. Beberapa contohnya adalah pekerjaan di bidang konstruksi, pertambangan, bagian perawatan pesawat udara, ruang uap dan kompresor. Kami juga sangat menganjurkan untuk memakainya saat Anda hendak menggunakan peralatan berat, alat berkebun, senjata api, atau saat mengendarai sepeda motor.

Pelindung Pendengaran @ SOUNDLIFE

Untuk mendapatkan pelindung yang tepat, sangat penting untuk ketahui kemampuan dari dua macam alat pelindung pendengaran yaitu, earplug dan earmuff. Masing-masing alat memiliki kelebihan dan kekurangan.

Apa Itu Earmuff?

Earmuff, tampil dengan design seperti headset mudah digunakan. Berfungsi untuk mengkurangi suara yang masuk ke dalam telinga dengan seluruh daun telinga akan tertutup. Posisi pengikat kepala harus disesuaikan agar dapat menahan earmuff pada posisi yang baik.

Salah satu keunggulan earmuff adalah pemakai tidak perlu persiapan khusus dan cukup diletakkan di atas kepala. Hal ini menjadikan earmuff sangat cocok digunakan untuk semua orang, terutama yang tidak bisa menggunakan penyumat telinga.

Apa Itu Penyumbat Telinga?

Earmuff Bayi @ SOUNDLIFE
Earplug @ SOUNDLIFE

Earplug adalah penyumbat telinga dibuat dari bahan silikon dan bentuknya bervariasi. Alat ini harus diletakkan dengan benar kedalam liang telinga agar keseluruhan liang telinga tertutup. Dengan ukuran kecil dan ringan, earplug mudah dibawa dan dimasukkan ke dalam kantong baju.

Kelebihan utama dari earplug adalah perlindungan lebih kedap dibandingkan earmuff. Oleh karena itu earplug adalah piihan yang tepat jika Anda membutuhkan tingkat perlindungan tertinggi di tempat kerja yang sangat bising, seperti di pabrik, bandara dan lokasi pertambangan.

Salah satu kelemahan utama dari penyumbat telinga adalah alat tidak bisa dipakai oleh orang ngalami infeksi telinga. Jika terjadi hal seperti ini, lebih disarankan menggunakan earmuff.

Apa itu Tingkat NRR?

Tipe alat pelindung pendengaran manapun yang Anda pilih, yang terpenting adalah ketahui seberapa besar tingkat kebisingan yang ingin Anda redam.

Kemampuan dari earplug dan earmuff bervariasi sesuai dengan merk dan jenisnya. Salah satu cara membandingkan produk ini adalah dengan melihat Noise Reduction Rating (NRR). NRR mengukur kemampuan kedua alat ini dalam hal mengurangi suara bising.

Satuan yang digunakan dalam pengukuran ini adalah desibel; earplug dengan 26 blok NRR dapat mengurangi suara bising sampai dengan 26 desibel. Nilai NRR yang tertera adalah batas maksimal yang dapat dicapai jika earplug dimasukkan dan dipakai dengan benar. Dalam kondisi kerja yang banyak terjadi, pengurangan suara bising adalah setengah dari nilai NRR. Contohnya, jika NRR yang tertera adalah 30, alat pelindung pendengaran kemungkinan meredam suara bising sebanyak 15 desibel.

Semua earplug dan earmuff yang ada pada kami telah diuji oleh laboratorium terakreditasi yang menggunakan tingkatan NRR. Saat Anda datang ke SOUNDLIFE, tim kami akan mencari earplug atau earmuff yang sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan Anda.

Bagaimana Mengetahui Alat Pelindung Pendengaran Yang Dipakai Efektif?

Baik atau buruknya alat pelindung pendengaran tergantung dari seberapa baik kita menggunakannya. Berikut kami berikan beberapa tipsnya untuk Anda:

  • Hindari memilih alat pelindung pendengaran yang mengurangi suara bising terlalu berlebihan, karena hal ini akan membuat Anda merasa terisolasi, dan nantinya membuat Anda tidak ingin menggunakannya
  • Pilihlah alat pelindung pendengaran yang sesuai dengan lingkungan tempat Anda akan menggunakannya.
  • Pastikan alat pelindung pendengaran yang Anda pilih, memberikan perlindungan yang baik dari suara bising, sehingga Anda hanya akan mendengar suara dibawah 85 dB.
  • Letakkan alat pelindung pendengaran Anda ditempat yang mudah dijangkau, terlebih lagi jika Anda akan berada dilingkungan yang sangat bising.