Nikmati berenang tanpa khawatir

Penyumbat Telinga Renang/ Swimming Earplug

Memakai penyumbat telinga renang atau swimming earplug adalah cara yang dirasa paling efektif untuk melindungi telinga bagian luar seperti liang telinga Anda, untuk mencegah agar tidak terkena infeksi telinga yang menyakitkan. Air dingin dan angin yang masuk ke telinga juga dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai surfer’s ear, di mana liang telinga mengembang dan membentuk benjolan. Hal ini biasanya dialami oleh mereka yang suka berenang di air dingin, atau mereka yang sering beraktivitas di laut seperti berselancar, berlayar, menyelam, dan menaiki kayak, mereka berisiko untuk memiliki surfer’s ear. Jika pembengkakan mulai terjadi, pelindung telinga dapat memperlambat prosesnya.

Jangan biarkan rasa sakit dan bengkak mencegah Anda menikmati aktifitas air favorit Anda. Dengan menggunakan swimming earplugs, Anda dapat mencegah air masuk kedalam liang telinga. Apapun earplug yang Anda gunakan, baik itu yang di buat khusus ataupun earplug yang di buat dengan ukuran umum, Anda akan terlindungi dari sisa air yang tertinggal di dalam liang telinga, pertumbuhan tulang (eksostosis), tinnitus (dering) dan gendang telinga yang pecah.

Mengapa Perenang Professional Memakai Penyumbat Telinga Renang?

Ada dua alasan penting mengapa perenang memilih untuk memakai penyumbat telinga renang:

  1. Bagi perenang yang memiliki gendang telinga berlubang, sangat disarankan untuk memakai swimming earplug untuk mencegah air masuk ke dalam liang telinga, karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan.
  2. Pemakaian swimming earplug dapat mencegah infeksi pada liang telinga bagian luar. Kondisi ini dikenal sebagai “Swimmer Ears” atau secara medis disebut “Otitis Externa”.

Infeksi telinga yang terjadi bukan karena disebabkan oleh berenang di air yang tercemar, bisa jadi dikarenakan adanya kemungkinan dari berenang di kolam renang umum yang airnya sudah diberi pembersih kolam seperti klorinasi. Berenang dalam waktu lama ataupun sebentar dapat membuat orang lebih rentan terhadap “swimmers ear”, karena klorin dapat mengeringkan kulit di liang telinga, juga memungkinkan terjadinya infeksi akibat bakteri.

Jika sekali saja terkena infeksi, semakin mudah bagi liang telinga dapat terinfeksi untuk kedua kalinya. Inilah sebabnya earplug terbaik untuk berenang harus tahan air, nyaman, dan tetap aman, bahkan dengan gerakan renang yang kuat sekalipun.

Fakta Menarik Lainnya Tentang Penyumbat Telinga Renang

Penyumbat telinga renang tidak hanya dapat dipakai saat berenang. Ia bisa juga dipakai saat mandi atau berendam di bak mandi.