Mendapatkan kembali kehidupan Anda

Solusi Tinnitus

Tinnitus dapat menjadi sangat memusingkan dan membuat Anda merasa lelah, serta tidak yakin akan langkah Anda selanjutnya. Anda harus ingat bahwa Anda tidak sendirian—walaupun tinnitus sulit untuk dipahami, namun kondisi ini sangatlah umum.

97% orang mengalami tinnitus dengan tingkatan yang berbeda-beda. Sistem pendengaran kita cenderung menyaring suara yang tidak penting, maka kebanyakan orang dapat menghilangkan tinnitus mereka setelah beberapa saat. Jika Anda merasa khawatir dengan tinnitus yang Anda miliki, otak Anda bisa saja salah mengartikan tinnitus sebagai suara yang penting dan menyebabkan Anda kesulitan menghilangkannya.

Tinnitus Management @ SOUNDLIFE

Ada Perawatan Tinnitus Apa Aja?

Sampai saat ini belum ada pengobatan yang dikhususkan untuk tinnitus. Akan tetapi, ada banyak pilihan pengobatan yang tersedia, yang secara signifikan dapat meningkatkan kualitas hidup mereka yang mengalami kondisi telinga berdenging akibat tinnitus.

Karena 90% orang yang memiliki tinnitus juga mengeluhkan gangguan pendengaran, kebanyakan pasien mendapatkan keuntungan dari pengobatan gangguan pendengaran dan tinnitus mereka dengan dibantu oleh alat bantu dengar. Mereka dengan gejala yang lebih parah kemungkinan membutuhkan terapi akustik, seperti menutupi tinnitus menggunakan suara alternatif baik secara sebagian ataupun keseluruhan, atau terapi perilaku yang dapat membantu pasien lepas dari efek buruk tinnitus.

Tinnitus yang dialami setiap orang berbeda-beda, dan pengobatan yang terbaik bergantung pada faktor khusus yang ada pada setiap pasien.

Terapi Suara untuk Tinnitus

Selain alat bantu dengar, ada beberapa cara untuk mengatasi tinnitus. Seperti terapi suara dengan menggunakan perangkat penyembunyi tinnitus atau perangkat musik khusus yang dapat membantu mengurangi kebisingan tinnitus.

Perangkat penyembunyi tinnitus memiliki empat cara kerja yang berbeda, namun bisa juga digabungkan:

  • Perangkat penyembunyi tinnitus bekerja dengan cara memaparkan suara bising ke telinga pasien dengan volume yang sudah disesuaikan untuk menutupi suara tinnitus mereka secara total maupun sebagian.
  • Perangkat pengalihan yang menggunakan suara eksternal untuk mengalihkan perhatian pasien dari suara tinnitus.
  • Perangkat habituasi bekerja dengan cara membantu otak untuk belajar mengabaikan suara tinnitus, dengan memutarkan suara-suara berfrekuensi sama dengan suara tinnitus ketika pasien tertidur.
  • Perangkat modulasi saraf ,menggunakan suara-suara khusus untuk meminimalkan aktifitas otak berlebih yang diduga sebagai penyebab tinnitus.

Terapi Perilaku Terhadap Tinnitus

Dengan memperbaiki sikap emosional pasien terhadap tinnitus, terapi perilaku dapat memberikan rasa tenang yang efektif untuk menghilangkan stress akibat tinnitus. Rangkaian pengobatan ini telah terbukti mampu mengurangi kecemasan dan depresi, dan meningkatkan kualitas hidup pasien secara menyeluruh.

Penelitian menunjukkan bahwa yang membuat tinnitus terasa berat bukanlah karakteristik akustik yang dirasakan melainkan sikap psikologis negatif dari pasien. Terapi perilaku dapat mengurangi dampak tinnitus dengan sangat efektif dengan membantu pasien mengendalikan reaksi mereka terhadap kondisi tersebut.

Tinnitus Retraining Therapy (TRT)

Kemajuan dalam penelitian tinnitus telah menghasilkan beberapa jenis terapi tinnitus baru. Salah satunya adalah Tinnitus Retraining Therapy.

Tinnitus Retraining Therapy (TRT) adalah proses pembelajaran untuk menguasai tinnitus Anda secara sadar maupun bawah sadar. Teknik ini telah membantu banyak orang. Terapi ini dapat dianalogikan dengan suara tetesan air hujan di atap yang terdengar saat hujan mulai turun, tetapi lama kelamaan tidak disadari dan tidak dihiraukan setelah beberapa lama.

TRT menggabungkan tiga langkah penting pengobatan:

  1. Kumpulan informasi lengkap tentang pasien, termasuk latar belakang dan kebiasaan hidupnya sehari-hari.
  2. Penggunaan perangkat di belakang telinga dan memberikan suara bising untuk mengalihkan perhatian pasien dari tinnitus.
  3. Terapi psikologis yang mengajarkan pasien untuk tidak menghiraukan dengungan tinnitus. Terapi ini menggabungkan latihan relaksasi mendalam dan pengaturan stres. Tujuan terapi ini adalah untuk mengeliminasi kegugupan pasien, sehingga tinnitus tidak lagi ditanggapi sebagai bahaya dan mengalihkan konsentrasi dari dengungan tinnitus.

Tujuan akhir TRT adalah habituasi menyeluruh akan dengungan tinnitus.

Mengobati Tinnitus Anda

Tergantung dari hasil pemeriksaan pendengaran Anda, Anda mungkin akan direkomendasikan untuk beberapa jenis pengobatan tinnitus di bawah ini

  • Jika Anda mengalami gangguan pendengaran dan tinnitus, menggunakan alat bantu dengar dapat memberikan rasa lega terhadap tinnitus Anda. Saat ini banyak alat bantu dengar premium yang menyertakan fitur terapi tinnitus.
  • Perangkat penyembunyi suara tinnitus merupakan pilihan pengobatan umum bagi penderita tinnitus. Jenis perangkat ini dikenakan di telinga seperti alat bantu dengar dan menghasilkan sinyal konstan atau ketukan bernada yang berpacu dengan suara yang Anda dengar. Hearing care professional akan menggunakan serangkaian tes penyamaan nada dan kenyaringan untuk menyetel sinyal tersebut pada tingkatan yang sesuai dengan tinnitus yang Anda alami.
  • Tinnitus Retraining Therapy (TRT) menggunakan terapi sikap kognitif yang digabungkan dengan penggunaan perangkat penyembunyi dengungan untuk membantu Anda belajar agar tidak menghiraukan suara dengungan di dalam telinga Anda.
  • Anda juga dapat menggunakan mesin generator white noise Tinnitus umumnya memburuk ketika Anda berada di tempat yang sunyi, maka mengisi ruangan dengan suara latar belakang mungkin merupakan solusi yang Anda butuhkan untuk tidak menghiraukan dengungan dalam telinga Anda.

Tujuan dari semua rangkaian pengobatan ini pada dasarnya sama, yaitu untuk menghentikan siklus negatif yang terkait dengan tinnitus. Seperti rangkaian pengobatan lainnya, perlu dipahami bahwa dibutuhkan waktu untuk membuahkan hasil. Beberapa hasil mungkin akan langsung terlihat, namun tujuan akhirnya adalah untuk menjadi lebih nyaman dengan tinnitus dan menyadari bahwa kondisi ini tidak membahayakan jiwa. Yang paling penting adalah Anda sendiri yang mengendalikan sikap Anda terhadap tinnitus.

Jadwalkan kunjungan Anda ke SOUNDLIFE Hearing Center untuk mengendalikan tinnitus Anda. Bersiaplah untuk membicarakan gejala Anda secara mendetail agar hearing care professional  kami dapat menemukan permasalahan Anda dan membantu Anda mendapatkan kembali kualitas hidup Anda.