Hearing Aids: The Surprising Connection to Delaying Dementia

Alat Bantu Dengar: Solusi Tepat untuk Menunda Demensia

Liquid error (sections/main-article line 41): The format option 'month_day_year' is not a supported format.

Alat bantu dengar tidak hanya membantu Anda mendengar. Alat bantu dengar juga membantu menjaga otak tetap sehat dan aktif. Menurut Laporan Komisi Lancet pada tanggal 30 Juli 2020: Pencegahan, Intervensi, dan Perawatan Demensia, memodifikasi 12 faktor risiko sejak masa kanak-kanak hingga akhir hidup dapat menunda atau mencegah 40% kasus demensia. Faktor gaya hidup ini dapat disesuaikan untuk mengurangi risiko terkena demensia.

Otak Melupakan Suara

Gangguan pendengaran yang tidak diobati tidak hanya memengaruhi pendengaran Anda dan kualitas hidup Anda, tetapi juga mempengaruhi kemampuan otak untuk mengingat suara sehari-hari yang umum. Inti pendengaran otak menyimpan suara dan bunyi selama beberapa tahun setelah gangguan pendengaran muncul. Tetapi setelah periode ketidakaktifan, ingatan tersebut semakin melemah. Ketika saraf pendengaran kehilangan fungsinya, saluran pendengaran tidak lagi efektif digunakan dan tidak mengirimkan sinyal ke otak. Hal ini menyebabkan otak 'melupakan' suara tertentu seiring waktu dan tidak dapat memahami suara tersebut.

Bagaimana Alat Bantu Dengar Dapat Mendukung Otak Anda?

Alat bantu dengar mendukung fungsi otak Anda dengan membantu Anda memproses suara, yang membantu merangsang otak. Selain fungsi dasar otak, menjaga otak tetap aktif juga dapat membantu Anda dalam cara lain.

Studi ilmiah telah menemukan bahwa pemrosesan suara oleh otak tidaklah satu-satunya yang terpengaruh oleh gangguan pendengaran yang tidak diobati. Gangguan pendengaran juga mempengaruhi kognisi dan dapat menyebabkan penurunan kognitif serta demensia atau onset demensia yang lebih awal.

Ketika Anda mengalami gangguan pendengaran, Anda juga perlu mengeluarkan usaha ekstra untuk mengikuti percakapan. Hal ini dapat menyebabkan menghindari situasi sosial dan meningkatkan perasaan kesepian. Setelah Anda menggunakan alat bantu dengar, Anda dapat merasa "terhubung kembali" dengan dunia di sekitar Anda, dan Anda dapat merasa lebih nyaman untuk berpartisipasi dalam pertemuan sosial dan kegiatan lainnya.

Obati Gangguan Pendengaran Anda

Itulah mengapa penting bagi otak Anda untuk menjalani tes pendengaran dan mulai menggunakan alat bantu dengar jika diperlukan ketika Anda mengetahui bahwa Anda mengalami gangguan pendengaran./p>

Setelah Anda mulai menggunakan alat bantu dengar, pemrosesan pendengaran akan kembali berjalan, menyuplai sinyal ke otak. Dengan cara ini, pendengaran Anda akan membaik dan otak Anda tetap tetap sehat dan aktif. Tetapi semakin lama Anda menunggu, semakin sulit untuk dapat mendengar kembali dan mengaktifkan bagian-bagian di otak yang menangkap dan memproses suara.