5 Cara Meningkatkan Kesehatan Pendengaran Anda

5 Cara Meningkatkan Kesehatan Pendengaran Anda

Feb 26, 2024

Dalam gambaran besar kehidupan, pendengaran bagaikan anugerah istimewa yang menghubungkan kita dengan semua suara di sekitar kita. Namun terkadang, karunia ini berisiko dan banyak orang di seluruh dunia menghadapi masalah pendengaran. Saat kita menjalani kehidupan sehari-hari, mari belajar bagaimana melindungi pendengaran kita. Mulai dari menghadapi suara keras hingga berjalan-jalan sederhana, setiap langkah dapat membuat hidup kita lebih baik.

  1. Kecilkan Volumenya

    Menjaga pendengaran Anda yang berharga sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Secara global, diperkirakan 360 juta orang menderita gangguan pendengaran, dengan kebisingan yang berlebihan menjadi penyebab utamanya. Hikmahnya? Gangguan pendengaran akibat kebisingan (NIHL) dapat dicegah. Pelajari tips kami untuk menjaga pendengaran Anda:

    • Identifikasi kebisingan yang merugikan di lingkungan Anda (melebihi 85 desibel).
    • Bekali diri Anda dengan pelindung pendengaran, seperti penyumbat telinga, di lingkungan yang bising.
    • Jauhkan diri Anda dari suara keras bila memungkinkan.
    • Lindungi pendengaran anak-anak muda yang tidak mampu mengurus dirinya sendiri.
    • Jangan meremehkan pentingnya perlindungan pendengaran, bahkan jika Anda sudah mengalami gangguan pendengaran – ini adalah perlindungan Anda terhadap kerusakan lebih lanjut.
  2. Pertahankan Latihan Harian yang Sehat sebanyak 10.000 Langkah

    Olahraga bukan hanya sekedar penambah kesehatan; itu juga pahlawan pendengaran. Olahraga teratur meningkatkan aliran darah ke telinga, penting untuk kesehatan sel-sel rambut kecil yang tak tergantikan yang bertanggung jawab untuk menerjemahkan suara. Jadikan berjalan kaki sebagai kebiasaan sehari-hari dan targetkan setidaknya 10.000 langkah. Jalan kaki 10.000 langkah setiap hari tidak hanya berkontribusi pada peningkatan kesehatan jantung dan peningkatan aliran darah ke telinga, tetapi juga merupakan cara yang luar biasa untuk membuat aktivitas fisik menyenangkan dan dapat dicapai. Kenakan sepatu kets Anda, berjalanlah di trotoar, dan biarkan ritme langkah Anda menjadi irama menuju gaya hidup yang lebih sehat dan cerdas dalam pendengaran.

  3. Berhenti Merokok

    Mencari alasan kuat untuk berhenti merokok? Merokok dikaitkan dengan gangguan pendengaran. Nikotin dan karbon monoksida dalam rokok dapat menyempitkan pembuluh darah, sehingga mengurangi oksigen penting di telinga bagian dalam untuk menjaga kesehatan sel-sel rambut di koklea.

    Orang yang merokok 1,69 kali lebih mungkin mengalami masalah pendengaran. Berhenti merokok tidak hanya baik untuk pendengaran Anda, itu juga menurunkan kemungkinan Anda terkena masalah jantung, kanker paru-paru, dan masalah terkait merokok lainnya.

  4. Jadwalkan Tes Pendengaran Reguler

    Kendalikan kesehatan pendengaran Anda dengan tes pendengaran strategis berdasarkan usia dan kondisi pendengaran:

    • Anda dengan Pendengaran Normal atau berusia di bawah 55 tahun: Kami merekomendasikan tes pendengaran setiap tiga tahun untuk memastikan bahwa setiap perubahan pada kemampuan pendengaran Anda dipantau dan ditangani dengan segera.
    • Anda mengalami gangguan pendengaran, atau berusia di atas 55 tahun: Kami merekomendasikan tes pendengaran tahunan sehingga kami dapat memberikan penanganan dini dan penanganan potensi masalah pendengaran.
  5. Gunakan Alat Bantu Dengar untuk Benar-Benar Hidup

    Jika Anda telah didiagnosis menderita gangguan pendengaran, terapkan gaya hidup memakai alat bantu dengar. Amplifikasi memberikan "dorongan otak" yang diperlukan telinga Anda untuk mengirimkan gelombang suara ke wilayah pendengaran otak. Gangguan pendengaran yang tidak diobati dapat menyebabkan atrofi otak atau penyusutan pada otak, sehingga semakin sulit untuk mendengar.

    Mengenakan alat bantu dengar tidak hanya bermanfaat bagi pendengaran Anda tetapi juga berkontribusi pada:

    • Peningkatan kesehatan umum secara keseluruhan.
    • Meningkatkan kesehatan mental, mengurangi kesepian yang terkait dengan gangguan pendengaran yang tidak diobati.

Dengan berhati-hati terhadap kebisingan, tetap aktif, dan melakukan pemeriksaan pendengaran pada waktu yang tepat, kita memastikan pendengaran kita tetap baik. Bagi mereka yang berpikir untuk menggunakan alat bantu dengar, ini bukan hanya tentang pendengaran; ini tentang menikmati hidup sepenuhnya – dimana pendengaran yang baik berarti kehidupan yang baik.