Cara Mengajak Orang yang Anda Sayangi untuk Merawat Pendengaran Mereka

Cara Mengajak Orang yang Anda Sayangi untuk Merawat Pendengaran Mereka

May 15, 2023

Kami sering menerima telepon dari anggota keluarga yang tidak tahan menonton TV bersama dengan seseorang yang mengalami gangguan pendengaran. Suaranya terlalu keras. Atau anak-anak yang semakin kesulitan dimengerti oleh orang tua mereka saat berbicara melalui telepon.

Jika Anda curiga bahwa seseorang yang Anda sayangi mengalami gangguan pendengaran, tidak selalu mudah untuk membuat janji dan membawanya pergi ke dokter. Sebelum mendorong seseorang dengan gangguan pendengaran untuk mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan, Anda harus membuat mereka menyadari bahwa mereka memiliki masalah pendengaran.

10 Tanda-tanda Orang yang Anda Sayangi Mengalami Gangguan Pendengaran

Jika ada seseorang yang Anda kenal menderita gangguan pendengaran yang tidak diobati, Anda mungkin melihat beberapa perubahan dalam perilaku mereka. Oleh karena itu, kami mendorong Anda untuk mencari bantuan segera setelah Anda melihat tanda-tanda awal gangguan pendengaran, seperti:

  1. Meminta orang lain untuk mengulang perkataan
  2. Kesulitan mengikuti percakapan, terutama di lingkungan berisik
  3. Mengalami gejala Tinnitus
  4. Kesulitan menentukan sumber suara
  5. Berbicara terlalu keras
  6. Menyalakan volume TV atau radio terlalu keras
  7. Tidak dapat mengikuti percakapan melalui telepon
  8. Menarik diri dari kegiatan sosial
  9. Merasa malu, bersalah, atau marah
  10. Menjadi kritis terhadap diri sendiri, frustrasi, dan depresi

Edukasi tentang Gangguan Pendengaran

Banyak individu dengan gangguan pendengaran mungkin tidak sepenuhnya menyadari dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari mereka. Luangkan waktu untuk memberi tahu orang yang Anda sayangi tentang konsekuensi gangguan pendengaran yang tidak diobati, seperti kesulitan berkomunikasi, isolasi sosial, dan kemungkinan penurunan kognitif. Membagikan informasi yang relevan dan cerita pribadi dapat membantu mereka mengakui pentingnya mencari bantuan profesional.

Apakah Gangguan Pendengaran Akan Memburuk Jika Tidak Diobati?

Jika gangguan pendengaran tidak diobati pada tingkat apa pun, otak secara bertahap kehilangan kemampuannya untuk memproses informasi (karena kurangnya rangsangan auditori). Ini berarti semakin lama Anda menunda pengobatan, semakin sulit bagi otak Anda untuk memahami suara, dan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk terbiasa mengenakan alat bantu dengar.

Bagaimana Cara Membujuk Orang yang Anda Sayangi agar Mengecek Pendengarannya?

Mendorong seseorang dengan gangguan pendengaran untuk mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan sulit dilakukan tanpa membuat mereka menyadari bahwa mereka memiliki masalah pendengaran.

  • Lakukan riset
    • Cari tahu pilihan alat bantu dengar yang tersedia. Dengan teknologi pendengaran modern saat ini, ada alat bantu dengar untuk setiap orang.
    • Jika ada orang yang Anda atau mereka kenal menggunakan alat bantu dengar, pertimbangkan untuk berbicara dengan mereka.
    • Setiap orang pada akhirnya akan mencapai titik di mana bantuan adalah satu-satunya pilihan yang tersisa, jadi berikan waktu kepada mereka untuk menerima gangguan pendengaran mereka dan siap membantu saat mereka memintanya.
       
  • Berikan waktu kepada mereka untuk menerima gangguan pendengaran mereka
    • Jangan membicarakan tentang gangguan pendengaran kepada mereka. Ceritakan kisah orang-orang yang kehidupannya telah membaik setelah menggunakan alat bantu dengar.
    • Biarkan mereka mengangkat masalah kesulitan pendengaran. Dorong mereka untuk berbicara tentang hambatan yang mereka hadapi dengan kondisi pendengaran mereka saat ini.
    • Jadilah pendengar aktif dan bangun kepercayaan dengan mereka.
    • Lebih baik sesekali membicarakan kemungkinan gangguan pendengaran mereka daripada terus-menerus mendesak.
    • Mendengar tentang pengalaman orang lain, apa yang mereka alami, bagaimana mereka mencari bantuan, dan perubahan yang mereka rasakan sekarang bisa sangat membantu.
       
  • Jadwalkan pemeriksaan pendengaran
    • Jangan terlalu memaksa, bersikaplah santai dan pilih waktu yang tepat untuk membicarakan pemeriksaan pendengaran.
    • Mereka mungkin menjadi defensif dan menolak, itu tidak masalah. Akan ada kesempatan lain, dan mungkin Anda bisa memberikan saran lain dengan lembut.
    • Ingatkan mereka bahwa mereka dapat menguji pendengaran mereka dengan cepat, tanpa rasa sakit, dan secara gratis secara online.
    • Tersedia untuk menemani mereka saat melakukan tes pendengaran.

Mendorong orang yang Anda sayangi untuk mengambil kendali atas kesehatan pendengaran mereka membutuhkan empati, pemahaman, dan komunikasi yang efektif. Dengan mengedukasi mereka tentang dampak gangguan pendengaran, menyoroti manfaat solusi pendengaran, dan memberikan dukungan tanpa henti, Anda dapat memotivasi mereka untuk mencari bantuan profesional. Ingatlah untuk menanggapi setiap kekhawatiran atau kesalahpahaman dan tunjukkan kesabaran sepanjang proses tersebut. Bersama-sama, Anda dapat memberdayakan orang yang Anda sayangi untuk memperbaiki kesehatan pendengaran mereka dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.