Lindungi Pendengaran Anak Anda dengan Earmuff

Lindungi Pendengaran Anak Anda dengan Earmuff

Oct 17, 2022

Pernahkah Anda memikirkan potensi risiko menghadiri taman hiburan, acara olahraga, bepergian dengan pesawat, mengunjungi pusat perbelanjaan, atau menonton pertunjukan kembang api? Ternyata, kegiatan-kegiatan ini seringkali menghadapkan kita pada tingkat kebisingan yaång tinggi yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran jika tidak ditangani dengan baik.

Mengapa Anak Anda Harus Menggunakan Pelindung Pendengaran?

Sekarang, mari kita bicarakan mengapa penting bagi anak Anda untuk menggunakan alat pelindung pendengaran, atau earmuff. Anak-anak memiliki indera pendengaran yang sangat sensitif. Bahkan ketika Anda berbicara dengan suara normal sehari-hari, bagi mereka terdengar seolah-olah Anda sedang berteriak. Sebagai orangtua yang bertanggung jawab, kita memiliki kewajiban untuk melindungi pendengaran anak kita seiring mereka tumbuh dewasa. Alat pelindung pendengaran tidak hanya menjaga pendengaran mereka, tetapi juga memberikan mereka waktu yang tenang yang sangat dibutuhkan. Hal ini terutama bermanfaat bagi anak-anak dengan kondisi seperti Autisme, ADHD, atau gangguan sensorik dan pengolahan auditori lainnya.

Berikut adalah lima manfaat lainnya dalam menggunakan earmuff untuk buah hati Anda:

  • Melindungi telinga yang sedang berkembang:
    Tahukah Anda bahwa apa yang didengar oleh anak Anda bisa menjadi hingga 20 desibel lebih keras daripada apa yang didengar oleh orang dewasa? Hal ini disebabkan oleh saluran telinga yang lebih sempit pada anak-anak dan bayi, yang menguatkan tekanan suara dan membuat mereka lebih rentan terhadap gangguan pendengaran. Karena gangguan pendengaran bersifat akumulatif dan tidak dapat pulih, Anda dan anak Anda mungkin baru menyadari efeknya ketika sudah jauh di kemudian hari.
  • Memberikan istirahat sensorik bagi anak Anda:
    Terlalu banyak rangsangan dapat membuat anak kewalahan, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi sensorik seperti Autisme dan ADHD. Earmuff dapat memberikan istirahat dari rangsangan yang berlebihan, mencegah kejadian meledak emosi atau kelebihan rangsangan sensorik.
  • Menenangkan ketakutan dan ketidaknyamanan anak Anda:
    Beberapa anak merasa cemas dan tidak nyaman ketika terpapar oleh suara keras dan tidak biasa. Suara yang biasa bagi orang dewasa dapat terasa tidak tertahankan bagi anak. Dengan menggunakan earmuff, Anda dapat membantu anak Anda menjelajahi tempat baru tanpa menjadi terganggu.
  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi anak Anda:
    Ada perbedaan besar antara konsentrasi sukarela dan konsentrasi terpaksa. Anak-anak mudah berkonsentrasi pada aktivitas yang mereka pilih sendiri, seperti bermain game komputer atau membuat kerajinan tangan. Namun, tugas seperti mengerjakan pekerjaan rumah atau mendengarkan guru memerlukan konsentrasi yang terpaksa. Studi telah menunjukkan bahwa orangtua dapat meningkatkan daya tahan perhatian anak dengan menggunakan earmuff saat melakukan aktivitas "tugas".

Bagaimana Cara Mengetahui Jika Saya Membeli Earmuff yang Tepat untuk Anak Saya?

Ingatlah, Anda lebih mengenal anak Anda daripada siapa pun, jadi percayalah pada penilaian Anda saat memilih earmuff. Berikut adalah beberapa panduan yang perlu diperhatikan:

  • Memiliki rating NRR (Noise Reduction Rating) yang baik, antara 20 hingga 26:
    Rating di bawah 20 mungkin tidak memberikan perlindungan yang cukup, sedangkan rating di atas 26 dapat memisahkan anak Anda dari suara-suara penting.
  • Pastikan penutup telinga yang baik untuk memastikan penutupan yang efektif:
    Penutupan yang baik sangat penting untuk mencegah suara masuk. Bahkan celah yang sangat kecil dapat memungkinkan jumlah suara berbahaya masuk ke telinga anak.
  • Pilih desain yang terbaik tanpa ujung atau sudut yang keras:
    Ketika Anda memegang dan merasakan earmuff, Anda dapat dengan mudah membedakan produk berkualitas dengan produk murahan. Cari headband yang halus dan dapat disesuaikan, terutama yang dilengkapi dengan bantalan agar nyaman dan pas dengan baik.
  • Earmuff yang dapat disesuaikan dengan berbagai ukuran kepala:
    Earmuff yang baik harus dapat disesuaikan dengan ukuran kepala yang berbeda. Setelah disesuaikan, mereka harus tetap berada di tempatnya tanpa menyebabkan ketidaknyamanan karena terlalu keras menekan kepala.
  • Perhatikan tekanan yang sesuai:
    Alat pelindung pendengaran bekerja dengan menekan penutup telinga ke telinga untuk menciptakan penutupan yang rapat. Tekanan ini diberikan oleh headband. Pastikan tekanannya tidak terlalu lemah sehingga tidak dapat menciptakan penutupan yang efektif, namun juga tidak terlalu kuat sehingga menjadi tidak nyaman. Untuk bayi yang masih sangat kecil dan kepala mereka belum sepenuhnya terbentuk, perhatikan tekanan yang diberikan. Sebaiknya Anda mencoba earmuff tersebut untuk melihat seberapa nyaman mereka pada diri Anda sendiri. Ingatlah bahwa tekanan akan lebih ringan saat anak Anda mengenakan earmuff, tetapi jika terasa terlalu ketat bagi Anda, kemungkinan juga terlalu ketat bagi anak Anda.

Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut dalam memilih earmuff untuk anak-anak Anda, jangan ragu untuk menghubungi salah satu dari para Profesional Perawatan Pendengaran kami. Kami bersedia membantu Anda!