Dari Dering ke Raungan: Memahami Empat Jenis Tinnitus

Dari Dering ke Raungan: Memahami Empat Jenis Tinnitus

Mar 27, 2023

Tinnitus adalah kondisi yang umum dialami oleh banyak orang, terutama jika Anda pernah terpapar suara keras. Tetapi apa sebenarnya tinnitus, dan apakah itu sesuatu yang perlu dikhawatirkan? Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan tinnitus dengan cara yang mudah dipahami.

Apakah Tinnitus Nyata?

Tinnitus adalah nyata. Ini bukan hanya bayangan. Ini adalah "suara" yang Anda dengar, tetapi orang lain mungkin tidak bisa mendengarnya. Ada dua jenis utama: tinnitus subjektif dan tinnitus objektif. Ketika dokter memeriksa otak Anda menggunakan pemindaian MRI, mereka dapat melihat aktivitas di bagian otak yang bertanggung jawab atas pendengaran, yang membuktikan bahwa tinnitus adalah persepsi suara yang nyata.

Apakah Tinnitus Sebuah Penyakit?

Tinnitus bukan penyakit, tetapi lebih merupakan gejala dari masalah yang mendasarinya, sama seperti sakit lengan bisa menjadi gejala patah tulang. Sangat penting untuk tidak mengabaikan atau meremehkan tinnitus, karena terkadang itu bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius. Berikut adalah beberapa situasi ketika Anda sebaiknya mencari bantuan saat:

  • Anda mengalami tinnitus yang terus-menerus
  • tinnitus hanya terdengar di satu telinga.
  • tinnitus disertai dengan rasa pusing atau masalah keseimbangan
  • tinnitus mengganggu kehidupan sehari-hari Anda

Jenis Tinnitus Apa yang Anda Alami?

Spesialis Audiologi mengakui empat jenis utama tinnitus. Beberapa bersifat sementara atau dapat diobati, sementara yang lain bersifat permanen atau hanya dapat dikelola, tidak dapat disembuhkan.

  • Tinnitus Subjektif:
    Tinnitus Subjektif adalah jenis yang paling umum, mencakup 95% kasus. Hanya bisa didengar oleh orang yang terpengaruh dan biasanya merupakan hasil dari paparan suara keras. Ini bisa muncul tiba-tiba dan berlangsung sekitar tiga bulan dalam beberapa kasus atau 12 bulan atau lebih dalam kasus lain. Jenis tinnitus ini sangat terkait dengan gangguan pendengaran. Ketika sel rambut di telinga dalam rusak, otak tidak menerima sinyal auditori yang diharapkannya, dan menciptakan ilusi suara untuk menggantikan sinyal yang hilang itu.
  • Tinnitus Objektif:
    Tinnitus Objektif adalah satu-satunya bentuk yang benar-benar bisa didengar oleh orang lain jika mereka mendekatkan telinga mereka ke telinga Anda, atau dapat didengar oleh dokter dengan menggunakan stetoskop. Ini adalah bentuk yang paling langka, dan diyakini disebabkan oleh kontraksi otot yang tidak disengaja atau deformitas pembuluh darah. Pasien dengan jenis ini sering menggambarkannya sebagai suara "berdenyut" yang terjadi seiring dengan detak jantung mereka. Jenis tinnitus ini umumnya terkait dengan masalah kardiovaskular, seperti kerusakan pembuluh darah atau bising jantung. Penyebab akar biasanya dapat diidentifikasi dan diobati dengan berhasil melalui operasi atau perawatan medis lainnya. Tinnitus pulsatil, atau mendengar detak jantung dalam telinga, dalam kasus-kasus jarang dapat menjadi tanda komplikasi medis serius dan harus segera dievaluasi secara medis jika terjadi dengan frekuensi yang tinggi.
  • Tinnitus Neurologis:
    Tinnitus Neurologis: Tinnitus Neurologis disebabkan oleh penyakit yang mempengaruhi sistem saraf Anda, seperti penyakit Meniere. Pasien dengan bentuk ini juga cenderung mengalami pusing, vertigo, dan masalah keseimbangan. Meskipun dokter dapat mengobati penyebab mendasar untuk memberikan beberapa kelegaan, biasanya tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan, sehingga tinnitus kemungkinan akan menjadi permanen.
  • Tinnitus Somatic:
    Tinnitus Somatic terjadi ketika sinyal sensorik yang berasal dari berbagai bagian tubuh Anda terganggu, menyebabkan kejang yang menghasilkan tinnitus. Somatic berasal dari bahasa Yunani yang berarti "dari tubuh", dan tinnitus somatic didefinisikan sebagai tinnitus yang disebabkan, memburuk, atau terkait dengan sistem sensorik tubuh Anda sendiri. Orang dengan jenis tinnitus ini sering mengalaminya hanya di satu telinga, dan bisa bervariasi secara dramatis sepanjang hari. Tergantung pada apakah penyebab akar dapat didiagnosis, dokter THT Anda mungkin dapat menyusun rencana pengobatan yang efektif.