Tes Pendengaran untuk Bayi dan Anak

Tes Pendengaran untuk Bayi dan Anak

Nov 21, 2022

Pendengaran merupakan aspek penting dalam perkembangan anak. Ia memainkan peran vital dalam perkembangan bahasa, komunikasi, interaksi sosial, dan pembelajaran. American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar semua bayi baru lahir menjalani pemeriksaan pendengaran sebelum meninggalkan rumah sakit atau dalam satu bulan pertama kehidupan. Selain itu, anak-anak sebaiknya memeriksa pendengarannya secara teratur saat mereka tumbuh.

Jenis Tes Pendengaran Apa Saja yang Tersedia?

Tes pendengaran untuk anak seringkali tidak semudah tes pendengaran untuk orang dewasa. Untuk alasan ini, para profesional perawatan pendengaran dilatih dalam teknik khusus untuk mengevaluasi pendengaran anak. Selain itu, ada banyak jenis tes pendengaran yang berbeda. Beberapa di antaranya dapat digunakan untuk semua usia, sementara yang lain digunakan berdasarkan usia dan tingkat pemahaman anak Anda.

  • Tes Pendengaran untuk Bayi Baru Lahir:
    • Otoacoustic Emissions (OAE):
      Tes OAE adalah tes saringan pendengaran yang cepat dan non-invasif yang mengukur suara yang dihasilkan oleh telinga bagian dalam sebagai respons terhadap rangsangan suara. Selama tes, earphone kecil ditempatkan di telinga bayi, yang menghasilkan suara klik lembut. Suara yang dihasilkan oleh telinga bagian dalam kemudian direkam oleh mikrofon kecil di earphone yang sama. Tes ini tidak menyakitkan dan sering hanya membutuhkan beberapa menit.
       
    • Auditory Brainstem Response (ABR):
      Tes ABR mengukur aktivitas listrik saraf pendengaran dan batang otak sebagai respons terhadap suara. Selama tes, elektroda ditempatkan di kepala bayi untuk mendeteksi aktivitas listrik. Sementara bayi tidur, suara klik dibuat melalui earphone kecil di telinga bayi. Seperti tes OAE, tes ini tidak menyakitkan dan hanya membutuhkan beberapa menit. Tes ABR sangat berguna untuk bayi yang mungkin tidak dapat merespons suara selama tes perilaku./li>

    Inilah 2 jenis utama metode pemeriksaan pendengaran untuk bayi baru lahir. Metode ini dapat digunakan sendiri atau bersama-sama. Jika tes saringan menunjukkan bahwa anak Anda mengalami gangguan pendengaran, diperlukan tes lebih lanjut. Bayi dengan gangguan pendengaran sebaiknya diidentifikasi sebelum usia 3 bulan, agar pengobatan dapat dimulai sebelum bayi berusia 6 bulan untuk hasil perkembangan bicara dan bahasa yang optimal.
     
  • Tes Pendengaran untuk Bayi:
    Evaluasi pendengaran bayi dapat mencakup tes OAE dan ABR seperti yang disebutkan di atas. Selain itu, tes berikut ini juga dapat digunakan:
    • Behavioral Observation Audiometry (BOA):
      Tes BOA adalah tes pendengaran perilaku yang melibatkan pengamatan respons bayi terhadap suara. Bayi biasanya ditempatkan di pangkuan pengasuhnya, dan suara-suaranya disajikan melalui earphone atau speaker. Suara-suara tersebut memiliki variasi intensitas dan frekuensi, dan pengamat mencatat respons bayi, seperti berbaliknya kepala atau gerakan mata. Tes ini dapat dilakukan pada bayi yang berusia beberapa bulan.
       
  • Tes Pendengaran untuk Balita:
    Evaluasi pendengaran balita dapat mencakup tes yang disebutkan di atas, serta tes berikut ini:
    • Conditioned Play Audiometry (CPA):
      Tes CPA adalah tes perilaku yang menggunakan mesin listrik untuk mengirim suara dengan volume dan pitch yang berbeda ke telinga anak Anda. Selama tes, anak dilatih untuk merespons suara dengan bermain sebuah permainan, seperti meletakkan mainan dalam sebuah ember atau menumpuk balok-balok. Suara-suara tersebut disajikan melalui earphone atau speaker, dan anak diminta untuk melakukan permainan ketika mereka mendengar suara. Tes ini dapat digunakan untuk menentukan ambang pendengaran anak dan menilai kemampuan mereka dalam mendengar ucapan. Karena keberhasilan tes CPA bergantung pada kerjasama anak, tes ini lebih cocok untuk anak-anak yang berusia di atas dua tahun.
       
    • Visual Reinforcement Audiometry (VRA):
      Tes VRA dimana anak dilatih untuk melihat ke arah sumber suara. Ketika anak memberikan respons yang benar, anak akan diberikan penguatan visual, seperti mainan yang bergerak atau lampu berkedip. Tes ini paling sering digunakan untuk anak-anak yang berusia antara 6 bulan hingga 2 tahun.
       
  • Tes Pendengaran untuk Anak yang Lebih Tua:
    Evaluasi pendengaran untuk anak yang berusia di atas 5 tahun dapat mencakup tes yang disebutkan di atas, serta tes berikut ini:
    • Pure Tone Audiometry:
      Tes yang menggunakan mesin listrik yang menghasilkan suara dengan volume dan pitch yang berbeda di telinga anak Anda. Anak sering kali menggunakan jenis earphone tertentu. Pada kelompok usia ini, anak hanya diminta untuk memberikan respons dalam beberapa cara saat mereka mendengar suara di earphone.
       
    • Tympanometry (juga disebut Impedance Audiometry):
      Tes yang dapat dilakukan di kantor penyedia layanan kesehatan untuk membantu mengetahui bagaimana telinga tengah bekerja. Ini tidak memberi tahu apakah anak dapat mendengar atau tidak. Tetapi tes ini membantu menemukan perubahan tekanan di telinga tengah. Tes ini sulit dilakukan pada anak-anak yang lebih muda karena anak harus duduk sangat tenang dan tidak menangis, berbicara, atau bergerak.

Kapan Pendengaran Anak Saya Akan Diperiksa?

Pendengaran anak Anda dapat diperiksa:

  • Dalam satu bulan pertama setelah kelahiran:
    Ini dikenal sebagai skrining pendengaran bayi baru lahir dan sering dilakukan sebelum Anda meninggalkan rumah sakit setelah melahirkan. Jika Anda melahirkan di rumah, disarankan untuk melakukan pemeriksaan pendengaran dalam satu bulan setelah lahir.
     
  • Dari usia 6 bulan hingga 5 tahun:
    Anda mungkin diminta untuk melakukan tes pendengaran lain jika Anda atau dokter Anda memiliki kekhawatiran terhadap pendengaran anak Anda sebagai bagian dari ulasan kesehatan dan perkembangan bayi Anda.

Penting bagi orang tua untuk mengidentifikasi masalah pendengaran anak mereka sejak dini karena dapat mempengaruhi perkembangan bicara dan bahasa, keterampilan sosial, dan pendidikan anak. Dengan deteksi dan intervensi dini, sebagian besar anak dengan gangguan pendengaran dapat belajar beradaptasi dan hidup sukses secara penuh. Untuk memastikan setiap anak diberikan kesempatan yang sama untuk belajar dan berhasil, semakin banyak sekolah yang mengharuskan siswanya menjalani tes pendengaran sebelum mendaftar.