10 Tip untuk Memaksimalkan Umur Pakai Alat Bantu Dengar Anda

10 Tip untuk Memaksimalkan Umur Pakai Alat Bantu Dengar Anda

Jan 09, 2023

Alat bantu dengar modern dirancang agar tahan lama. Namun, usia dan penggunaan dapat mempengaruhi kondisi alat bantu dengar.

Perlu diingat bahwa alat bantu dengar adalah perangkat kecil yang mengandung komponen elektronik miniatur. Dalam penggunaan yang sering, lilin telinga, debu, dan kotoran bisa masuk ke alat bantu dengar melalui mikrofon atau lubang suara, yang dapat merusak komponen internal. Penyebab umum lainnya untuk perbaikan alat bantu dengar termasuk paparan berlebihan pada air, kerusakan fisik akibat terjatuh atau terinjak, atau paparan berkepanjangan pada tingkat kelembaban yang tinggi atau suhu ekstrem.

Bagaimana Merawat Alat Bantu Dengar Anda?

Perawatan alat bantu dengar dimulai dari diri Anda. Dengan membersihkan dan merawat perangkat dengan benar, Anda dapat melindunginya, memperpanjang umurnya, dan menjaga kinerjanya. Dengan mengikuti tips perawatan dan pemeliharaan sederhana ini, Anda dapat memastikan alat bantu dengar selalu berfungsi dengan baik.

  • Cuci tangan sebelum memegang alat bantu dengar
    Pastikan jari Anda bersih dan kering sebelum menyentuh alat bantu dengar Anda. Mikrofon sangat kecil dan dapat dengan mudah tersumbat.
     
  • Tangani alat bantu dengar Anda dengan hati-hati
    Meskipun alat bantu dengar modern dirancang agar kuat, tetap penting untuk menanganinya dengan hati-hati. Setiap kali Anda memegang, memasang, melepas, atau membersihkan alat bantu dengar, pastikan Anda menggenggamnya dengan kuat untuk menghindari terjatuh, yang dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat atau baterai. Selain itu, saat Anda perlu meletakkan alat bantu dengar, pastikan Anda menaruhnya di permukaan yang bersih dan lembut, seperti handuk baru. Ini akan memberikan perlindungan tambahan dan mencegah kerusakan yang tidak perlu pada perangkat.
     
  • Simpan alat bantu dengar Anda di tempat yang aman dan kering.
    Ketika Anda melepas alat bantu dengar di malam hari, pastikan untuk menyimpannya di area yang bersih dan kering. Jika rumah Anda memiliki tingkat kelembapan yang tinggi, disarankan untuk mempertimbangkan membeli pengering alat bantu dengar atau penghilang kelembapan untuk memastikan tetap kering. Jika Anda tidak menggunakan alat bantu dengar yang dapat diisi ulang, simpanlah di udara terbuka di malam hari dengan membuka pintu baterai untuk mencegah penumpukan kelembapan. Selain itu, pilihlah lokasi yang aman untuk menyimpan alat bantu dengar Anda untuk mengurangi risiko kerusakan akibat tertekan, terjatuh, atau terinjak. Hal ini terutama penting jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan yang dapat secara tidak sengaja menyebabkan kerusakan pada alat bantu dengar Anda.
     
  • Bersihkan kotoran telinga dan ganti filter secara teratur
    Alat bantu dengar adalah perangkat kecil dan canggih yang dipakai di dan sekitar telinga, di mana seringkali kotoran telinga, debris, dan kelembapan cenderung mengumpul. Dengan penggunaan yang teratur, tak terhindarkan alat bantu dengar Anda akan terkena kotoran telinga setiap hari. Tanpa pembersihan yang tepat, penumpukan kotoran telinga dapat mempengaruhi kinerja alat bantu dengar Anda secara negatif. Oleh karena itu, kami sarankan untuk membersihkan alat bantu dengar Anda pada akhir setiap hari. Gunakan kapas kering atau sikat gigi yang lembut untuk menghilangkan kotoran telinga, minyak, kelembapan, dan kotoran lain yang mungkin menempel di dalamnya. Perhatikan khusus pada receiver dan mikrofon saat membersihkan perangkat Anda. Selain itu, penting untuk secara teratur mengganti filter kotoran telinga pada alat bantu dengar Anda. Filter kotoran telinga melindungi komponen internal perangkat dari kerusakan akibat kotoran telinga. Gantilah filter ketika Anda melihat penumpukan kotoran telinga padanya, dan pastikan Anda menggunakan jenis filter kotoran telinga yang sesuai untuk perangkat Anda.

  • Jaga baterai dan gantilah secara teratur
    Jika Anda belum beralih ke alat bantu dengar yang dapat diisi ulang, penting untuk secara teratur mengganti baterai pada alat bantu dengar Anda. Bahkan sedikit kelembapan yang terperangkap di dalam perangkat dapat menyebabkan korosi pada baterai, yang dapat merusak bagian dalam alat bantu dengar. Oleh karena itu, ketika alat bantu dengar Anda tidak digunakan, penting untuk membuka pintu baterai untuk melepaskan kelembapan. Jika Anda tidak akan menggunakan alat bantu dengar Anda selama beberapa hari, disarankan untuk melepas baterai selama periode tersebut. Pastikan Anda rutin mengganti baterai pada alat bantu dengar Anda. Setiap kali melakukannya, jangan lupa untuk membersihkan kontak baterai dengan kapas kering. Sebagian besar pengguna alat bantu dengar mengembangkan siklus penggantian berdasarkan berapa lama baterai biasanya bertahan dan mengantisipasi waktu penggantian yang tepat.
     
  • Jadwalkan pembersihan profesional secara rutin
    Penting untuk menjadwalkan pembersihan profesional untuk alat bantu dengar Anda setiap enam bulan. Pembersihan ini melibatkan pembersihan menyeluruh dan benar pada perangkat, serta pemeriksaan profesional untuk memeriksa adanya kerusakan dan melakukan perbaikan jika diperlukan. Selain itu, para profesional perawatan pendengaran kami dapat menyesuaikan pengaturan alat bantu dengar Anda selama kunjungan ini untuk memastikan kinerja optimal yang disesuaikan dengan kondisi pendengaran terkini.

  • Lindungi alat bantu dengar Anda dari kelembapan berlebihan
    Selalu lepaskan alat bantu dengar Anda sebelum mandi, berendam, atau berenang. Jangan memakai alat bantu dengar saat menggunakan pengering rambut, semprotan rambut, atau sauna. Partikel halus dari semprotan rambut, semprotan tubuh, dan makeup dapat menghalangi mikrofon dan kontrol. Pastikan Anda telah melepas alat bantu dengar sebelum menggunakan produk-produk jenis ini. Sebaiknya jauhkan alat bantu dengar Anda dari lingkungan yang lembap, seperti kamar mandi. Kelembapan dapat merusak komponen elektronik dalam alat bantu dengar Anda.

Sangat umum bagi alat bantu dengar membutuhkan beberapa tingkat layanan profesional, oleh karena itu biasanya alat bantu dengar dijual dengan garansi dan cakupan perbaikan. Membersihkan alat bantu dengar secara teratur dapat secara signifikan mengurangi jumlah perbaikan yang diperlukan selama masa pakai alat bantu dengar dan membantu menjaga kualitas suara tetap tinggi.