Mengapa Menggunakan Dua Alat Bantu Dengar Lebih Baik Daripada Satu?

Mengapa Menggunakan Dua Alat Bantu Dengar Lebih Baik Daripada Satu?

Dec 26, 2022

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran hanya pada satu telinga, dan pendengaran normal pada telinga yang lain, maka satu alat bantu pendengaran sudah cukup. Namun, sebagian besar kasus gangguan pendengaran terjadi karena penuaan, sehingga lumrah jika kedua telinga mengalami gangguan pendengaran.

Anda mungkin merasa tidak senang ketika profesional perawatan pendengaran merekomendasikan untuk menggunakan tidak hanya satu, tetapi dua alat bantu pendengaran. Kemungkinan pertanyaan pertama Anda akan menjadi, "Apakah saya benar-benar membutuhkan dua alat bantu pendengaran?"

10 Alasan Mengapa Dua Alat Bantu Pendengaran Lebih Baik Daripada Satu

Banyak studi telah menunjukkan bahwa selalu lebih baik menggunakan dua alat bantu pendengaran saat Anda mengalami gangguan pendengaran pada kedua telinga. Mari kita bahas mengapa:

  1. Lebih Nyaring Secara Alami
    Menggunakan alat bantu pendengaran pada kedua telinga meningkatkan persepsi kekerasan suara hingga 10 desibel. Hal ini disebabkan oleh konsep yang dikenal sebagai "binaural summation". Dengan memperkuat suara melalui alat bantu pendengaran pada kedua telinga, meningkatkan kualitas suara secara keseluruhan tanpa perlu menyesuaikan penguatan.
  2. Memahami Ucapan dengan Lebih Jelas
    Ada lebih dari sekadar volume suara; kita juga ingin mendengar dan memahami apa yang dikatakan - terutama ucapan - dengan jelas dan tajam. Kejelasan suara terasa lebih baik saat Anda menggunakan dua alat bantu pendengaran daripada satu.
  3. Kesadaran dan Keamanan yang Lebih Baik
    Dengan pendengaran binaural, Anda akan lebih baik dalam mendeteksi dari arah mana suara berasal. Hal ini berguna tidak hanya ketika Anda perlu memperhatikan lalu lintas saat menyeberang jalan, tetapi juga dalam pertemuan sosial di mana Anda perlu tahu dari arah mana seseorang berbicara kepada Anda.
  4. Kualitas Suara yang Lebih Baik dan Rasa Keseimbangan
    Saat Anda mendengarkan sistem stereo, Anda menggunakan kedua speaker untuk mendapatkan kualitas suara yang paling halus, tajam, dan alami. Dengan menggunakan dua alat bantu pendengaran, Anda meningkatkan jangkauan pendengaran dari 180 derajat dengan hanya satu alat bantu menjadi 360 derajat. Rentang yang lebih besar ini memberikan rasa keseimbangan dan kualitas suara yang lebih baik.
  5. Kedua Telinga Tetap Aktif
    Gunakan atau kehilangan! Jika hanya satu telinga yang digunakan dan telinga lainnya tidak menerima suara dalam jangka waktu lama, telinga yang tidak terpakai akan kesulitan mengenali suara seperti yang dulu. Seiring waktu, pendengaran dengan hanya satu telinga juga dapat mengubah cara otak Anda memproses suara.
  6. Pengalaman Pendengaran yang Lebih Alami
    Otak Anda secara alami terhubung untuk menerima suara dari kedua telinga. Ketika kedua telinga dibantu dengan alat bantu pendengaran secara merata, telinga Anda lebih baik dalam mengurangi suara yang tidak diinginkan, dan dua alat bantu pendengaran memungkinkan otak Anda untuk memproses ucapan dengan lebih efektif. Mendengar dengan dua telinga juga umumnya membutuhkan volume yang lebih sedikit, menghasilkan penyimpangan yang lebih sedikit dan reproduksi suara yang lebih baik.
  7. Kemampuan Mendengar yang Lebih Baik, Terutama di Tempat Bising
    Jika Anda menggunakan dua alat bantu pendengaran, empat mikrofon dari kedua alat bantu pendengaran berarti mereka memiliki kemampuan ganda untuk menyaring suara ucapan dari kebisingan latar belakang. Jika Anda berada di tempat yang bising seperti pusat perbelanjaan atau restoran dan hanya menggunakan satu alat bantu pendengaran, Anda tidak akan mampu mengabaikan kebisingan latar belakang. Ini adalah masalah umum bagi orang yang mengalami gangguan pendengaran. Itulah mengapa pendengaran dengan kedua telinga membantu Anda lebih baik dalam memahami suara individu dengan lebih jelas.
  8. Tingkat Kepuasan Pengguna yang Lebih Tinggi
    Tidak semua orang kehilangan pendengaran di kedua telinga secara merata. Sebagian besar orang memiliki apa yang dikenal sebagai gangguan pendengaran asimetris, di mana gangguan pendengaran lebih parah pada satu telinga daripada yang lain. Dengan hanya satu alat bantu pendengaran, Anda mungkin sering harus berusaha keras untuk mendengar berbagai suara dan mudah merasa lelah. Dengan dua alat bantu pendengaran, pendengaran menjadi lebih santai.
  9. Rentang Pendengaran yang Lebih Luas
    Suara yang hampir tidak terdengar pada jarak tiga meter dengan satu telinga, dapat terdengar hingga sepuluh meter dengan dua telinga.
  10. Mencegah Penyumbatan Pendengaran
    Semakin lama telinga kita tidak menerima rangsangan suara, semakin terhambat kemampuan mereka dalam memproses suara. Menggunakan dua alat bantu pendengaran berarti setiap telinga menerima suara dan mendapatkan rangsangan yang dibutuhkan agar tetap bekerja dengan baik.

Alat Bantu Pendengaran Bilateral Menstimulasi Otak Anda dengan Penuh

Anda mungkin sudah tahu bahwa cara terbaik untuk menjaga tubuh Anda dalam kondisi baik adalah dengan menggunakannya. Beberapa contoh yaitu, berolahraga secara teratur, menggunakan tangga daripada lift.

Jika Anda tidak bergerak dengan cukup, otot Anda cenderung melemah, atau bahkan bisa mengalami atrofi otot seiring waktu. Meskipun telinga Anda bukan otot, menghilangkan suara dapat membuat jalur saraf pendengaran dan sel-sel otak terkait menjadi kurang efektif dalam menguraikan suara di sekitar Anda. Seperti halnya mata kita, otak kita terhubung secara alami untuk menerima suara dari kedua telinga. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk diberi kesempatan untuk mengalami peningkatan binaural alat bantu pendengaran sebelum membuat keputusan tentang menggunakan satu atau dua alat bantu pendengaran.

Pada umumnya, jika Anda memungkinkan untuk membeli satu alat bantu pendengaran premium atau membeli dua alat bantu pendengaran dasar, lebih baik memilih untuk membeli dua alat bantu pendengaran dasar. Meskipun Anda mungkin tidak mendapatkan fitur tambahan yang membuat pengalaman pendengaran lebih nyaman, tetapi Anda akan mendapatkan pengalaman pendengaran yang lebih baik. Anda punya dua telinga, maka lebih baik menggunakan keduanya untuk mendengarkan dunia di sekitar Anda.